AULIA, SINTA (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL-ISHLAH TULUNG SELAPAN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I sinta..pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V sinta.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
Strategi Pembelajaran Point Counterpoit merupakan strategi pembelajaran dengan cara diskusi strategi ini dapat melibatkan setiap siswa dalam proses pembelajaran, Dalam strategi ini siswa dapat mengeluarkan pendapat tentang materi yang akan dibahas artinya motivasi belajar siswa akan dapat meningkat dan berpengaruh pada hasil belajar. Rendahnya hasil belajar yang di dapat siswa sangat berpengaruh terhadap prestasi yang akan diperoleh, Rendahnya hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor yang menjadi penyebab utama kesulitan belajar pada siswa yaitu faktor eksternal, seperti penggunaan strategi pembelajaran ataupun metode yang keliru yang dapat membuat siswa menjadi bosan dan kurang berminat dalam proses pembelajaran sehingga hal tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar sejarah kebudayaan Islam dengan penerapan strategi pembelajaran point counterpoint di MA Al-Ishlah Tulung Selapan dan untuk mengetahui hasil belajar sejarah kebudayaan Islam tanpa penerapan strategi pembelajaran point counterpoint di MA Al-Ishlah Tulung Selapan serta apakah ada perbedaan yang signifikan dalam penerapan stretegi pembelajaran point counterpoint terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan Islam di MA Al-Ishlah Tulung Selapan. Metode Penelitian menggunakan jenis penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Teknis analisis data kuantitatif menggunakan Uji T. Teknik penarikan sampel dalam penelitian yaitu Propotional Random Sampling, sampel 32 siswa di ambil semua dari populasi yang ada karena jumlah populasi kurang dari 100. teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil penelitian yang diperoleh melalui perhitungan nilai pretes dan postes berdasarkan uji hipotesis menggunakan rumus uji T menunjukkan (tt.ts.5% = 2,04 dan tt.ts.1% = 2,74) Dapat diketahui adalah lebih besar dari tt, yaitu Tt.ts5% < > tts.1% = 2,04 < 5,44 > 2,74. Karena lebih besar dari pada tt Hipotesis Nihil yang telah diajukan ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan setelah diterapkan strategi pembelajaran point counterpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas XI di MA Al-Ishlah Tulung Selapan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran point counterpoint hasil belajar sejarah kebudayaan |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 02:28 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 02:28 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7055 |
Actions (login required)
View Item |