IMPLEMENTASI KECERDASAN LINGUISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM DESA MUARA SEMAH

ANGRAINI, FRONIKA (2020) IMPLEMENTASI KECERDASAN LINGUISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MI MIFTAHUL ULUM DESA MUARA SEMAH. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FRO BAB 1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FRO BAB 5.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Implementasi Kecerdasan Linguistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Miftahul Ulum Desa Muara Semah. Adapun fokus penelitiannya yaitu (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan penerapan kecerdasan linguistik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Miftahul Ulum Desa Muara Semah? (2) Bagaimanakah strategi yang dilakukan guru dalam penerapan kecerdasan linguistik kelas IV di MI Miftahul Ulum Desa Muara Semah? (3) Apakah kekurangan dan kelebihan dalam penerapan kecerdasan linguistik kelas IV di MI Miftahul Ulum Desa Muara Semah? Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitiatif dengan menggunakan latar belakang Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Desa Muara Semah. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan siswa. Pengumpulann data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis semua data lapangan kemudian membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Proses pelaksanaan penerapan kecerdasan linguistik dilakukan dari kegiatan Pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan tersebut melibatkan siswa aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar dikelas dan dari kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa aktif belajar dikelas dapat meningkatkan kemampuan siswa sesuai dengan indikator kecerdasan linguistik dan dapat meningkatkan hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. (2) Strategi yang dilakukan guru dalam penerapan kecerdasan linguistik adalah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menciptakan kondisi belajar yang efektif dan melakukan evaluasi hasil belajar. (3) Kekurangan dalam penerapan kecerdasan linguistik adalah kurangnya kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran, siswa yang kurang peduli dalam mengikuti proses pembelajaran. Sedangkan kelebihannya guru melatih keberanian siswa dikelas dengan upaya yang bertangggung jawab sehingga siswa berani tampil didepan khalayak ramai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan linguistik hasil belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:03
Last Modified: 23 Jun 2020 02:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item