ANALISIS RELEVANSI STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MATERI AJAR FIQIH DI MI AL AWWAL PALEMBANG

INDRIANI, INDRIANI (2020) ANALISIS RELEVANSI STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN MATERI AJAR FIQIH DI MI AL AWWAL PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (0B)

Abstract

Judul penelitian ini adalah Analisis Relevansi Strategi Pembelajaran dengan Materi Ajar Fiqih di MI Al Awwal Palembang. Adapun rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimana strategi pembelajaran Fiqih di MI Al-Awwal Palembang? (2) Bagaimana relevansi antara strategi pembelajaran dengan materi ajar “Wudhu” pada pembeajaran Fiqih di MI Al Awwal Palembang. Untuk mengetahui hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian di MI Al Awwal Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran. Informannya adalah Guru Fiqih MI kelas 1,Kepala Sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam menganalisis data yang telah terkumpul, penulis menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman and Hubernas menggemukakan proses analisis data kualitatif adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi pembelajaran Fiqih kelas 1 di MI Al Awwal Palembang pada materi wudhu menggunakan strategi ekspositori. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran dimana penyampaian pembelajaranya dilakukan secara verbal di mana siswa-siswa mendapatkan materi langung dari guru. Materi yang disampaikan oleh guru merupakan materi yang sudah jadi atau fakta yaitu materi pembelajaran wudhu dan proses pembelajaranya berorientasi pada guru (2) Relevansi strategi pembelajaran Fiqih kelas 1 di MI Al Awwal Palembang sangat relevan hal ini terbukti dengan tercapainya tujuan pembelajaran dan terakumulasinya penerapan metode yaitu kolaborasi metode cerama, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan. Dan guru juga penggunaan media yang tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran relevansi materi ajar fiqih
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:03
Last Modified: 23 Jun 2020 04:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7067

Actions (login required)

View Item View Item