SETIAWATI, SULIS (2020) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (33kB) | Preview |
Abstract
Kajian penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa kepercayaan diri siswa pada saat pembelajaran mengakibatkan prestasi belajar siswa yang didapatkan berada diawah KKM, sehingga prestasi yang diperoleh siswa kurang memuaskan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan kepercayaan diri siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Tungkal Jaya Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tungkal Jaya Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin, dan untuk mengetahui adakah hubungan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tungkal Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengadakan penelitian ke lokasi langsung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Metode penguumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan skala likert (angket). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam penlitian ini adalah: pertama, kepercayaan diri siswa pada mata plajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tungkal Jaya termasuk dalam kategori sedang yaitu 58,62% dari 17 responden, kedua hadil penelitian mengenai prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tungkal Jaya termasuk dalam kategori sedang yaitu 62,06% dari 18 responden. Ketiga, hasil analisis yamg dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tungkal Jaya. Hasil penelitian ini diketahui nilai korelasi product moment. Hasi l uji hipotesis diperoleh THitung sebesar 0,726 dan TTabel sebesar 0,381 pada taraf signifikan 5% sehingga THitung lebih besar dari TTabel (0,726>0,381), maka diperoleh keputusan HO ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Tungkal Jaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa pendidikan agama islam |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 01:38 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 01:38 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7092 |
Actions (login required)
View Item |