Maryadi, Maryadi (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN LINGKUNGAN DALAM AL-QUR’AN SURAH AL-A’RAF AYAT 56 (TELAAH ATAS TAFSIR AL-MISBAH) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (22kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa krisis lingkungan yang sedang terjadi saat ini merupakan masalah yang komplek menyangkut segenap aspek kehidupan, yang tidak bisa diselesaikan hanya dengan menggunakan satu pendekatan saja. Manusia mempunyai andil besar dalam masalah ini. Untuk itu, agama dan pendidikan kiranya dianggap mampu memberikan solusi jangka panjang dan lebih soft dalam menyelesaikan krisis lingkungan saat ini. agama dalam konteks ini Islam mempunyai banyak nilai-nilai yang dapat dijadikan landasan dan panduan berfikir dan bertindak, sedangkan pendidikan Islam dapat berfungsi sebagai proses tranformasi pengetahuan dan nilai, pewarisan budaya dan pembentukan budaya yang ramah lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dapat digolongkan dalam penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun data yang berupa primer dan data sekunder. data primer yang digunakan adalah Al-Qur’an beserta isinya. Penentuan ayat-ayat dikaji ditentukan berdasarkan tema judul penelitian. Sedangkan data sekunder dari berbagai litelatur yang membahas tema pendidikan lingkungan analisis data digunakan menggunakan. Analisis Content. Kemudian ditarik sebuah kesimpulan dari dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 56 Hasil penelitian menunjukkan konteks terhadapat surah Al-A’raf ayat 56 sebagaimana nilai-nilai pendidikan lingkungan yang terkandung dalam ayat tersebut. Berkenaan dengan terkait dengan asbabun nuzul secara konteks dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 56. Terdapat substansi isu-isu pendidikan lingkungan dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf Ayat 56 yakni untuk menjaga lingkungan, terhadap keadaan dunia sekitar yang kita kenal dengan lingkungan.selanjutnya ditutupi dengan konsep pendidikan lingkungan dalam pendidikan Islam, adapun yang meliputi tujuan, kurikulum , metode dan evaluasi terhadap pendidikan lingkungan dalam pendidikan Islam. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkan bahwa nilai pendidikan lingkungan dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 56 ialah menjaga lingkungan. Terdapat isu-isu pendidikan lingkungan Dan berupaya membangun sebuah konsep pendidikan lingkungan dalam proses pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan Islam, nilai-nilai pendidikan, Analisis Content. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 07:19 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 07:19 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/723 |
Actions (login required)
View Item |