PERAN DAN TANGGUNG JAWAB ORANGTUA ASUH DALAM PENDIDIKAN DI PANTI ASUHAN DARUL HIJRAH, AR-ROHIM, DAN FITRAH PALEMBANG

M, QOSIM (2019) PERAN DAN TANGGUNG JAWAB ORANGTUA ASUH DALAM PENDIDIKAN DI PANTI ASUHAN DARUL HIJRAH, AR-ROHIM, DAN FITRAH PALEMBANG. Doctoral thesis, UIN REDEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I QOSIM.pdf

Download (868kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Qosim, 1492031” Peran Dan Tanggung Jawab Orangtua Asuh Dalam Pendidikan Di Panti Asuhan Darul Hijrah, Ar-Rohim, Dan Fitrah Palembang”. Disertasi Program Doktoral Pendidikan Agama Islam UIN Raden Fatah Palembang Tahun 2018. Penelitian ini didasarkan pada kasus kekerasan dan eksploitasi anak-anak panti asuhan. Panti asuhan yang diharapkan bisa memberikan anak-anak yatim, terlantar bisa memberikan perlindungan dan pendidikan namun pada faktanya pada beberapa panti asuhan di seluruh Indonesia secara umum dan secara khusus di Kota Palembang terjadinya kasus tersebut. Berdasarkan pada permasalahan tersebut peneliti ingin melakukan penelitian yang berkenaan dengan peran dan tanggung jawab orangtua asuh terhadap pendidikan anak panti asuhan. Dalam hal ini studi kasusnya ada pada tiga panti asuhan dengan latar belakang yang berbeda. Sehingga diharapkan hasil penelitian ini bisa menemukan solusi untuk memecahkan masalah pendidikan anak di panti asuhan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Pendidikan anak di Panti Asuhan Darul Hijrah, Ar-Rohim, dan Fitrah Kota Palembang, 2) Pola asuh yang diterapkan di Panti Asuhan Darul Hijrah, Ar-Rohim, dan Fitrah Kota Palembang, dan 3). peran dan tanggungjawab orangtua asuh di Panti Asuhan Darul Hijrah, Ar-Rohim, dan Fitrah Kota Palembang. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan ( field research ). Adapun metode penelitian adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun temuan peneliti dari hasil penelitian yang dilakukan pada ketiga panti tersebut, pertama, hal yang wajib bagi pemilik panti memiliki ekonomi yang kuat, meskipun tanpa bantuan pemerintah dan donatur panti tetap bisa memenuhi kebutuhan anak panti, kedua pemerintah harus memberikan syarat bagi siapa saja yang ingin mendirikan panti asuhan harus memiliki kematangan secara ekonomi dan keluasan ilmu pengetahuan khususnya pengetahuan agama, dan ketiga kegagalan dalam mendidik dan menerapkan pola asuh yang baik pada anak panti sangat ditentukan oleh latar belakang pendidikan dan pemahaman agama pemilik panti asuhan, dengan pendidikan dan pemahaman agama yang baik pengurus panti bisa dengan mudah menerapkan nilai-nilai pelajaran agama dan moral, kemudian dalam membuat sistem aturan dan pola juga sangat tertata dan bisa terlaksana. Secara keseluruhan berdasarkan hasil temuan maka peneliti menamakan teori “Kemapanan Lembaga Sosial”. Artinya lembaga sosial harus memiliki kemapanan finansial dan kemapanan ilmu pengetahuan dua hal ini penentu keberhasilan dan kegagalan dalam menghasilkan generasi yang berkualitas dari lembaga sosial khususnya panti asuhan. Kata Kunci: Pendidikan, Pola Asuh serta Peran dan Tanggung Jawab Orangtua Asuh

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:27
Last Modified: 23 Sep 2020 02:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7430

Actions (login required)

View Item View Item