PENDIDIKAN KARAKTER PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG

SYARNUBI, SYARNUBI (2020) PENDIDIKAN KARAKTER PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 PALEMBANG. Doctoral thesis, UIN REDEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I syarnubi.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Karakter pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang, 2020. Syarnubi, Mulyadi Eko Purnomo dan Kasinyo Harto.Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang mampu memberikan kontribusi besar dalam membentuk karakter anak bangsa hal ini bisa terjadi, karena Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang memiliki karakteristik yang berbeda dengan sekolah lain pada umumnya yaitu perpaduan dari kurikulum yang ada di pesantren dengan kurikulum dari sekolah yang bersifat umum yang ditandai oleh adanya pengintegrasian antara pengetahuan agama dengan pengetahuan umum. Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang adalah satu satunya MAN MODEL yang ada di wilayah Sumatera Selatan dengan menerapkan sistem pendidikan pesantren (Boarding School). Minimnya perilaku negatif yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang hanya 3,9% dari jumlah peserta didik 973 Orang. Hal ini mengindikasikan bahwa peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang memiliki karakter positif.Fokus penelitian ini menganalisis penerapan pendidikan karakter model kolaborasi antara integrasi pada kelompok mata pelajaran PAI (Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam) dan suplemen melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis tahun 2007 sampai dengan 2018. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis proses pendidikan karakter pada pembelajaran PAI dan kegiatan ekstrakurikuler Rohis, capaian yang diperoleh dari pendidikan karakter dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model penerapan pendidikan karakter adalah kolaborasi antara model integrasi dan suplemen. Pembentukan karakter melalui proses pembelajaran PAI dan kegiatan ekstrakurikuler Rohis. Kegiatan pembelajaran PAI dan kegiatan ekstrakurikuler Rohis menghasilkan pengetahuan, perasaan dan perbuatan moral. Keberhasilan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang dibuktikan dengan perilaku peserta didik,yaitu perilaku religius, jujur, disiplin, mandiri, tanggung jawab, peduli, santun, kerjasama, kreatif, kerja keras, rasa ingin tahu, gemar membaca, menghargai prestasi, bersahabat dan peduli sosial. Faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter terdiri atas faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung yaitu program keagamaan, asrama, dan fasilitas. Sedangkan faktor penghambat adalah pengaruh xxi negatif teknologi, pengawasan yang dilakukan oleh pihak madrasah yang terbatas dan kerja sama pihak madrasah dengan orang tua kurang optimal.Merujuk pada teoridalam penelitian ini, pembentukan karakter dilakukan melalui pendidikan moral atau budi pekerti bukan pendidikan sains. Pendidikan moral atau budi pekerti dicakup oleh pendidikan keagamaan yaitu kelompok mata pelajaran PAI, yang dikembangkan, diberi tempat, fasilitas dan akses. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Integrasi, Model

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 25 Sep 2020 08:15
Last Modified: 25 Sep 2020 08:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7435

Actions (login required)

View Item View Item