Dr. H. Mgs. Nazarudin, MM, Nazarudin (2020) IMPLEMENTASI FUNGSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SE KOTA PALEMBANG. Rafah Press bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN RF Palembang. ISBN 978-623-250-227-7
|
Text
Implementasi Fungsi Perencanaan.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauhmana penerapan fungsi perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Palembang. Hal ini menjadi lebih penting untuk diteliti mengingat perencanaan pembelajaran merupakan suatu yang sangat urgen untuk keberhasilan kegiatan belajar mengajar tetapi disisi lain masih menjadi isu menarik karena tidak sedikit dari guru-guru dimaksud yang tidak maksimal dalam menyiapkannya. Jika ketersediaannya saja masih diliputi dengan berbagai masalah apalah lagi untuk mengimplementasikan fungsi perencanaannya itu sendiri. Jenis penelitian ini field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dilaksanakan pada bulan Januari dan Februari 2020 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Palembang yaitu MIN 1 dan MIN 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis data primer yang digali dari sumber terpercaya (Key Informant) baik melalui wawancara, studi dokumentasi maupun observasi. Selain data primer, penelitian ini juga menggunakan data sekunder berupa arsip, dokumentasi yang sudah tersedia di madrasah. Key informan penelitian ini terdiri dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palembang, Pengawan Pendidikan untuk MIN 1 dan MIN 2 Palembang serta guru Pendidikan Agama Islam sebanyak 11 (sebelas), 5 orang dari MIN 1 dan 6 Orang dari MIN 2 Palembang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan model Miles and Humberman. Berdasarkan analisis deskriptif kualitatif diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Guru-guru MIN di Kota Palembang memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap. Fungsi perencanaan pembelajaran belum sepenuhnya diimplementasikan oleh guru-guru di MIN Kota Palembang. Ada yang sudah mengimplementasikan seluruh indikator fungsi perencanaan pembelajaran (Fungsi Kreatif, Inovatif, Selektif, Komunikatif, Prediktif, Akurasi, Pencapaian dan Fungsi Kontrol). Tapi ada juga yang belum (baru sepertiga yang terimplementasi). Fungsi perencanaan yang paling banyak tidak terpenuhi adalah fungsi kreatif, inovatif dan selektif. Faktor pendukung ketersediaan perencanaan pembelajaran antara lain; media atau sarana prasarana yang tersedia termasuk internet/wifi, adanya pedoman untuk pengembangan perencanaan pembelajaran, adanya forum berupa KKG Pendidikan Agama Islam. Khusus untuk memahami fungsi perencanaan faktor pendukungnya adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Sedangkan faktor yang menjadi kendala adalah adanya perubahan kurikulum yang berefek pada perubahan form perencanaan pembelajaran termasuk form RPP Tematik yang harus dikolaborasikan dengan pendekatan saitifik sebagai pengejawantahan dari kurikulum 2013. Kata-Kata Kunci: Guru dan implementasi fungsi perencanaan pembelajaran
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | lp2m lp2m lp2m |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 03:57 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 08:37 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7937 |
Actions (login required)
View Item |