CHASANAH, EKA NUR (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA PERILAKU SOSIAL SISWA DI LEMBAGA PENDIDIKAN TERPADU SD NURUL ILMI KECAMATAN TALANG KELAPA KABUPATEN BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Perilaku Sosial Siswa SD Nurul Ilmi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa problem perilaku sosial yang perlu pembinaan yaitu masih di SD Nurul Ilmi masih terdapat tingkah laku agresif siswa, hal ini terlihat dari seringnya siswa saling menyerang secara fisik misalnya : mendorong, memukul, atau berkelahi, sehingga menyebabkan ketidak harmonisan hubungan antar siswa di SD Nurul Ilmi, masih kurangnya daya suai siswa, karena cakrawala sosial anak yang relatif masih kurang terbatas pada situasi rumah dan sekolah. Sehingga menyebabkan siswa pemalu, penakut dan rendah diri terhadap teman serta lingkungan belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku sosial siswa di SD Nurul Ilmi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku sosial siswa di SD Nurul Ilmi kecamatan Talang Kelapa kabupaten Banyuasin, Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku sosial siswa di SD Nurul Ilmi kecamatan Talang Kelapa kabupaten Banyuasin. Tujuan penelitian ini mengetahui perilaku sosial siswa, mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku sosial siswa dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat siswa dalam membina perilaku sosial siswa lembaga pendidikan terpadu SD Nurul Ilmi. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan sumbernya penelitian ini dibagi menjadi dua jenis yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan model Milles and Hubermen yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian: Perilaku sosial siswa SD Nurul Ilmi dilihat dari bentuknya seperti kemampuan proses komunikasi, kemampuan dalam bersaing, kerja sama, berbagi masih perlu di bina oleh guru pendidikan agama Islam karena di setiap kelas memiliki problem masing-masing sehingga pentingnya guru PAI dalam membinanya. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina perilaku sosial siswa SD Nurul Ilmi dilihat dari bentuk perilaku sosialnya di antaranya memberi nasehat, teladan, reward, punishment, metode pembelajaran yang menyenangkan. Faktor pendukung guru dalam membina perilaku sosial diantaranya kerjasama antar guru, kerja sama antar orangtua siswa, dan lingkungan sekolah yang agamis. Faktor penghambat guru dalam membina perilaku sosial siswa diantaranya kurangnya pendidikan agama Islam dari keluarga serta faktor lingkungan pergaulan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBINA PERILAKU SOSIAL SISWA |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 02:33 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 02:33 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8017 |
Actions (login required)
View Item |