Karakteristik Sekolah Berbasis Pondok Pesantren:Studi Kasus di SMA Al-Hannan Ulu Danau OKU Selatan

Nety, Herawati and Ahmad, Zainuri and Akmal Hawi, Akmal Hawi (2020) Karakteristik Sekolah Berbasis Pondok Pesantren:Studi Kasus di SMA Al-Hannan Ulu Danau OKU Selatan. Intizar, 26 (1). pp. 45-54. ISSN 1412-1697

[img]
Preview
Text
jurnal.radenfatah.ac.id.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik SMA Al-Hannan Ulu Danau sebagai sekolah berbasis pondok pesantrendan menemukan faktor-faktoryang mempengaruhi penerapan model SMA berbasis pesantren di SMA Plus Al-Hannan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan data deskriptif kualitatif, kemudian data yang dikumpulkan dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama,SMA Al-Hannan memiliki ciri khas atau karakteristik yang tidak dimiliki oleh sekolah kebanyakan,yaitu: Al-Hannan sebagai brand-mark, berasrama, menggunakan kurikulum, vocational skilldan kemampuan membaca al-Qur’an dengan baikdan benar.Kedua, faktor yang mempengaruhi penerapan sekolah berbasis Pesantren dapat dibagi dua faktor, yaitu khusus dan umum. Secara khusus,dipengaruhi oleh kepala sekolah, pendidikan atau guru, kurikulum, sistem penerapan pendidikan, sarana pendidikan, suasana lingkungan sekolah. Kemudian secara umum dipengaruhi oleh 1) lingkungan sosial yang kini telah banyak berubah; 2) keadaan ekonomi masyarakat yang semakin membaik; dan 3) cara pandang masyarakat yang lebih religiusitas

Item Type: Article
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 10 Feb 2021 08:48
Last Modified: 10 Feb 2021 08:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8236

Actions (login required)

View Item View Item