NOVIA SARI, ELNY (2020) تطبيق التعليم السريع دلادة اللغة العربية بوسيلة سبيننج ويل --.يف ادلدرسة الثانوية فرادقما ابدلبانج. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
1.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
5.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
kover.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Pada Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Media Spinning Wheel di Mts Paradigma Palembang. Penelitian, Palembang: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Fatah Palembang. Pembimbing: 0. Drs. Jumhur, MA. 6. Qoim Nurani, M.Pd.I. 6161 Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum, Media Spinning Wheel, Pembelajaran Mufrodat Keberhasilan kegiatan belajar didukung dengan kemampuan pengajar dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan melakukan berbagai strategi dalam pembelajaran yang efisien dan menyenangkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran yang efisien dan menyenangkan yakni dengan adanya model dan media pembelajaran yang tidak membosankan. Maka dari itu, perlu adanya penerapan model pembelajaran yang tidak monoton dan diterapkan dengan menggunakan media, dalam hal ini peneliti memilih model pembelajaran Quantum dengan menggunakan media Spinning Wheel untuk diterapkan di MTs Paradigma Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kombinasi atau Mixed Methods. Penelitian kombinasi merupakan suatu metode yang mengkombinasikan atau mangabungkan antara metode kuantitif dengan metode kualitaif untuk digunakan secara bersama-sama dalam suatu kegiatan penelitian. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian kombinasi ini sequential exploratory, yang pada tahap awal menggunakan metode kualitatif dan tahap berikutnya menggunakan metode kuantitatif. Kombinasi data kedua metode bersifat connecting (menyambung) hasil penelitian tahap pertama (hasil penelitian kualitatif) dan tahap berikutnya (hasil penelitian kuantitatif). Data penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, angket, dan tes untuk mengukur kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan aplikasi SPSS dengan Uji T test didapatkan nilai signifikan yaitu 1010< 1010 artinya dapat diputuskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen Selain itu juga dapat dilihat dari output Group Statistic bahwa terdapat perbedaan pada nilai rata-rata (mean) yaitu kelas eksperimen 50060 dan pada kelas kontrol 00001. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan media spinning wheel pada siswa kelas VIII MTs Paradigma Palembang. Sedangkan untuk melihat keefektivitasannya dapat dilihat dari uji F yang di peroleh 5000 > 0006 artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Efektifitas yang signifikan pada penerapan model quantum dengan menggunakan media Spinning Wheel hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kosa kata pada siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Quantum, Media Spinning Wheel, Pembelajaran Mufrodat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? ?? PJ ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 01:46 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 01:46 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8517 |
Actions (login required)
View Item |