AFDILA, WINDI (2021) تطايق التعليم ادلختلط يف مادة اللغة العربية ابدلدرسة الثانوية مرفوعة ابدلاان الرسالة. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
KOVER.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
5.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
Text
1.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Sinektik Bahasa Arab di MTs. Marfu’ah Palembang sangat membantu dan mendukung proses pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan, tujuan dan evaluasi pembelajaran sinektik bahasa Arab yang ada di MTs. Marfu’ah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang mana peneliti mendeskripsikan fenomena yang terjadi di dalam pembelajaran sinektik bahasa Arab yang ada di MTs. Marfu’ah Palembang. Alat pengumpul data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data yaitu penyederhanaan, penggolongan, dan membuang yang tidak perlu data sedemikian rupa sehingga data tersebut dapat menghasilkan informasi yang bermakna dan memudahkan dalam penarikan kesimpulan. Kemudian display data yaitu kegiataan saat sekumpulan data disusun secara sistematis dan mudah dipahami, sehingga memberikan kemungkinan menghasilkan kesimpulan. Dan terakhir kesimpulan dan verifikasi data yaitu tahap akhir dalam teknik analisis data kualitatif yang dilakukan melihat hasil reduksi data tetap mengacu pada tujuan analisis hendak dicapai. Dari hasil penelitian yang di lakukan oleh peneliti, berdasarkan hasil tujuan pembelajaran sinektik bahasa arab adalah untuk membangkitkan interaksi personal baik secara individu maupun kelompok. Hasil tujuan pembelajaran bahasa arab disekolah dengan menggunakan model pembelajaran sinektik sudah terlaksana dengan baik dan terarah sesuai dengan tujuan model pembelajaran sinektik. Adapun proses pembelajaran sinektik bahasa arab ini sudah baik dilihat dari peserta didik yang sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas, karena di dalam proses pelaksanaan pembelajaran di kelas guru menggunakan metode demonstrasi dan menggunakan media gambar dan model pembelajaran sinektik untuk mengembangkan kemampuan kreatif dalam menulis sebuah karangan cerita. Adapun dilihat dari segi evaluasi pembelajaran sinektik bahasa arab ini dari segi penilaian yaitu dengan menggunakan tes lisan dan tertulis. Kata kunci: Pembelajaran, Model Sinektik, Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? ?? PL ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi > 73201 - Psikologi Islam |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 01:56 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 15:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8521 |
Actions (login required)
View Item |