PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI BAZNAS KOTA PALEMBANG

Mgs. A. Ramadhan Pantrias, NIM : 1651200024 (2020) PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT DI BAZNAS KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img]
Preview
Text
COVER RAMA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (769kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Permasalahan yang sering muncul ditengah masyarakat kita adalah kepada siapa zakat harus diberikan. Lebih utama disalurkan langsung oleh muzakki kepada mustahiq, atau sebaliknya melalui amil zakat. Kurang optimalnya jumlah zakat yang terkumpul disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: Pertama, ketidaktahuan kewajiban membayar zakat. Kedua, terhadap Lembaga Pengelola Zakat Ketiga, minimnya pelayanan yang memadai sehingga tidak memberikan muzakki kepuasan sehingga tidak terjadi nya loyalitas dalam membayar zakat disuatu lembaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui loyalitas membayar zakat di BAZNAS Kota Palembang. Variabel penelitian ini menggunakan 4 variabel yaitu dependen (loyalitas muzakki) dan variabel independen (pengetahuan zakat, kepercayaan dan kualitas pelayanan). Penelitian menjelaskan masalah apakah ada pengaruh tingkat pengetahuan tentang zakat, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas muzakki dalam membayar zakat pada lembaga pengelola zakat yaitu salah satunya BAZNAS Kota Palembang. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Purposive Sampling sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan kuisioner Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang diolah dengan bantuan IBM SPSS statistic 21 ini variabel pengetahuan zakat, kepercayaan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh dominan terhadap loyalitas muzakki dalam membayar zakat pada BAZNAS Kota Palembang. Dibuktikan dengan hasil uji t variabel pengetahuan zakat, kepercayaan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas muzakki. hasil uji F dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh simultan dan signifikan antaraa variabel pengetahuan zakat, kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas muzakki. Hasil diperoleh angka koefisien determinasi atau (R2) sebesar 46,3% loyalitas muzakki dipengaruhi oleh variabel pengetahuan zakat, kepercayaan dan kualitas pelayanan sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata kunci : Pengetahuan Zakat, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Muzakki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi
Depositing User: fiqo
Date Deposited: 02 May 2021 09:35
Last Modified: 02 May 2021 09:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8609

Actions (login required)

View Item View Item