INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PROGRAM IMAN & TAQWA (IMTAQ) PADA SISWA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA) NEGERI 6 PALEMBANG

SIDARMAN, SIDARMAN (2018) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PROGRAM IMAN & TAQWA (IMTAQ) PADA SISWA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS (SMA) NEGERI 6 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nilai-nilai karakter merupakan suatu pedoman dalam hidup. Untuk mengabdi kepada Allah, sebagai makhluk yang memiliki fitrah yang baik dengan pendidikan dan dididik mengerjakan tugas, tanggung jawab sesuai dengan ajaran Islam yang mempunyai karakter agar menjadi muslim sejati yang beriman, bertaqwa dan berpegang teguh kepada Al-Qur‟an dan As- Sunnah. Oleh sebab itu penulis megangkat suatu permasalahan yaitu internalisasi nilai-nilai karakter program IMTAQ pada siswa di SMA Negeri 6 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program imtaq? Bagaimanakah menginternalisasikan nilai-nilai karakter program IMTAQ? Dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan hambatan dalam internalisasi nilai-nilai karakter program IMTAQ pada Siswa di SMA Negeri 6 Palembang? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program IMTAQ, untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai karakter program IMTAQ dan untuk mengetahui pendukung dan hambatan dalam internalisasi nilai-nilai karakter program IMTAQ pada Siswa di SMA Negeri 6 Palembang. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini guru 4 orang dan siswa 10 orang. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai karakter program imtaq pada siswa di SMA Negeri 6 Palembang adalah Memberi Salam & Bersalaman Pagi, Taushiah Pagi, Tahsinul Qiro‟ah, Berdo‟a sebelum dan sesudah belajar, Sholat Dhuha, Sholat Dzuhur Berjamah, Pengajian Irama/ Seni baca Al-Qur‟an, Mukhadarah, Tahfidz Qur‟an, Infaq Jum‟at, PAI Terpadu, Majelis Taklim, PHBI dan Khataman Al-Qur‟an. Menginternalisasikan nilai-nilai karakter program IMTAQ pada siswa di SMA Negeri 6 Palembang adalah menentukan jadwal kegiatan program imtaq, menggunakan metode yang relevan dan yang dibutuhkan dalam internalisasi nilai�nilai karakter. Hambatan internalisasi nilai-nilai karakter program IMTAQ pada siswa di SMA Negeri 6 Palembang adalah masih ada anak yang kurang memiliki kesadaran diri dalam mengikuti program IMTAQ, masih ada siswa yang belum bisa membaca Al-Quran dengan kaidah-kaidah Ilmu Tajwid dan air yang tidak cukup untuk kebutuhan berwudhu‟.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:00
Last Modified: 06 Jul 2021 09:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8952

Actions (login required)

View Item View Item