PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI MASALAH BULLYING (PENINDASAN) ANTAR SISWA (STUDI KASUS SISWA MTs AHLIYAH 1 PALEMBANG)

SOHAYA, SOHAYA (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGGULANGI MASALAH BULLYING (PENINDASAN) ANTAR SISWA (STUDI KASUS SISWA MTs AHLIYAH 1 PALEMBANG). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini berawal dari realita yang terjadi di MTs Ahliyah 1 Palembang dari hasil observasi awal . menunjukkan bahwa kasus bullying siswa memang sering terjadi berawal dari saling ejek hingga berkelahi, bentuk bullying sering kali diterima oleh siswa yang memiliki latar belakang mental yang khusus di sekolah tersebut menjadi bahan ejekan, ledekan, dan olok-olokan oleh siswa lain. peran guru PAI dalam kasus bullying sangat penting yang mana guru pendidikan agama Islam adalah motor penggerak bagi siswa untuk memberikan arahan dan nasihat-nasihat dalam menanamkan nilai-nilai agama pada diri siswa agar memiliki akhlak dan kepribadian yang baik kepada semua orang terutama kepada sesama teman. peneliti mengadakan penelitian dengan judul "Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanggulangi Masalah Bullying (Penindasan) Antar Siswa (Studi Kasus Siswa MTs Ahliyah 1 Palembang). Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Pertama, bagaimana perilaku bullying yang dilakukan oleh siswa MTs Ahliyah 1 Palembang ?. Kedua, faktor apa yang mempengaruhi perilaku bullying siswa MTs Ahliyah 1 Palembang ?. Ketiga, bagaimana peran guru PAI mengahadapi kasus bullying di lingkungan madrasah di MTs Ahliyah 1 Palembang ?. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu data primer diperoleh dari guru PAI dan siswa yang menjadi informan, dan data sekunder berasal dari dokumen dan literature yang mendukung dalam penelitian ini. adapun alat pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan guru PAI dalam menanggulangi masalah bullying antar siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang sudah baik. yaitu sebelum memulai pelajaran memberikan arahan, nasihat dan motivasi kepada siswa agar bertingkah laku dengan akhlak yang baik sesama teman, guru di sekolah, maupun orang tua di rumah, melalui penanaman nilai-nilai agama yang dicontohkan Rasulullah SAW. akan tetapi guru cenderung menganggap perilaku bullying yang dilakukan siswa masih tergolong wajar . bentuk perilaku bullying yang dilakukan berupa fisik dan non fisik. adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying siswa yaitu: faktor fisik dan psikis, faktor keluarga, faktor pergaulan, praktik atau cara mengasuh anak, dan pengaruh teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:01
Last Modified: 06 Jul 2021 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8980

Actions (login required)

View Item View Item