PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 SANGA DESA KELAS VIII

AAN, GUSTIAN (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 SANGA DESA KELAS VIII. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI AAN GUSTIAWAN (12221001).pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif pair check terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Sanga Desa Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Sampel penelitian sebanyak 56 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yaitu memilih dua kelas secara acak dari 3 kelas. Sampel penelitian pada kelas eksperimen berjumlah 28 siswa yaitu pada kelas VIII-3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pair check. Sampel pada kelas kontrol berjumlah 28 siswa yaitu pada kelas VIII-1 dengan menggunakan metode ceramah. Berdasarkan analisis dengan uji t, diperoleh nilai yaitu sebesar 2,5525 lebih besar dibandingkan dengan nilai dengan derajat kebebasan (dk) = 54 dan taraf signifikan ( ) = 0,05 yaitu sebesar 1,674 (2,5525 > 1,674), yang artinya pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pair check lebih tinggi dibandingkan dengan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Dengan demikian, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif pair check terhadap pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeti 1 Sanga Desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:06
Last Modified: 24 May 2022 06:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8995

Actions (login required)

View Item View Item