LENY PRADANA, PUTRI (2018) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 TANJUNG LUBUK KABUPATEN OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI - Leny Pradana Putri (14210117).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 1 Tanjung Lubuk Kab. Oki”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu pertama, bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk Kabupaten OKI?. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk Kabupaten OKI?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk Kabupaten OKI. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Objek informan dalam penelitian ini yakni Kepala Sekolah, guru Pendidikan Agama Islam serta siswa SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk Kabupaten OKI. Jenis data yang digunakan yaitu jenis data kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua, yaitu data primer yang diperoleh dari Kepala Sekolah, guru dan siswa, dan data sekunder berasal dari dokumen dan literatur yang mendukung dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan teknik data kualitatif yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa mata mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dikategorikan sudah cukup baik , terbukti dari pendapat-pendapat siswa yang diambil peneliti serta hal ini dapat dilihat dari strategi yang dilakukan yaitu: merumuskan tujuan pembelajaran ke dalam bentuk RPP yang berisi kompetensi, indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, menggunakan pendekatan individual yaitu pendekatan yang bernilai perhatian kepada siswa, menggunakan metode bervariasi sebagai metode pembelajaran, menggunakan media gambar sebagai pendukung pembelajaran, menggunakan teknik latihan kepada siswa yang mendorong siswa terampil, menerapkan aturan-aturan belajar yang tidak boleh dilanggar oleh siswa seperti harus tertib, dan tidak membuat keributan di kelas serta memberikan sanksi berupa tugas tambahan agar siswa fokus dalam belajar. Faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yakni; faktor pendukung: faktor materi yaitu tambahan materi yang bersumber dari internet dan faktor metode belajar. Faktor penghambat: faktor siswa, faktor waktu/jam pembelajaran, faktor sarana sekolah dan faktor lingkungan fisik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:06 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 09:06 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8997 |
Actions (login required)
View Item |