PENGGUNAAN MEDIA BONEKA DAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG.

MUHAMMAD, HIDAYATULLAH (2018) PENGGUNAAN MEDIA BONEKA DAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG. PENGGUNAAN MEDIA BONEKA DAN INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA MUHAMMADIYAH 5 PALEMBANG. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL(1).pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran sebagai penunjang dalam proses kegiatan belajar mengajar sangat penting untuk digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di sekolah, apalagi dalam materi penyelenggaraan perawatan jenazah perlu media boneka dan ICT sebagai media untuk memberikan penjelasan tentang materi tersebut. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media boneka dan ICT terhadap motivasi dan minat belajar siswa pada kelas kontrol sebelum menggunakan media boneka dan ICT dan pada kelas eksprimen sesudah menggunakan media boneka dan ICT di SMA Muhammadiyah 5 Palembang. Dengan demikian, hasil eksperimen yang penulis lakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan media boneka dan ICT pada materi penyelenggaraan perawatan jenazah di SMA Muhammadiyah 5 palembang pada kelas eksprimen dengan hasil baik, Kedua, pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan media boneka dan ICT pada materi penyelenggaraan perawatan jenazah di SMA Muhammadiyah 5 Palembang terhadap minat belajar siswa sangat meningkat dibuktikan pada kelas kontrol (free test) 53,38 meningkat menjadi 82,83 pada kelas eksprimen (post test). Ketiga, pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan media boneka dan ICT pada materi penyelenggaraan perawatan jenazah di SMA Muhammadiyah 5 Palembang terhadap motivasi belajar siswa sangat meningkat dibuktikan pada kelas kontrol (free test) 51,82 meningkat menjadi 83,26 pada kelas eksprimen (post test). Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara minat dan motivasi belajar siswa dalam materi pengurusan jenazah mata pelajaran Al Islam yang diajar dengan media boneka dan ICT (kelas eksprimen) dan yang tidak diajar dengan media boneka dan ICT (kelas kontrol)

Item Type: Article
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:40
Last Modified: 06 Jul 2021 08:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9004

Actions (login required)

View Item View Item