PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SERI KEMBANG I KEC. PAYARAMAN KAB. OGAN ILIR

SWISNI, MARYATI (2018) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SERI KEMBANG I KEC. PAYARAMAN KAB. OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SWISNI MARYATI 12290061.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain kegiatan-kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal untuk terjadinya proses belajar mengajar yang termasuk kedalam hal ini misalnya, pengehentian tingkah laku siswa yang nyeleweng dari perhatian kelas, pemberian hadiah untuk siswa yang telah menyelesaikan tugas tepat waktu atau penetapan norma kelompok yang produktif. Keterampilan guru dalam mengelola kelas merupakan langkah awal untuk meraih keberhasilan siswa, meraih prestasi belajar yang baik. Sebaliknya kegagalan guru dalam mengelola kelas bertanda ketidakakuratan guru dalam mengelola pembelajaran. Berdasarkan latar belakang diatas, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian di Sekolah Dasar Muhammadiyah Seri Kembang I Kec. Payaraman Kab. Ogan Ilir dengan judul “Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di Sekolah Dasar Muhammadiyah Seri Kembang I Kec. Payaraman Kab. Ogan Ilir”. Adapun tujuan dalam penelitian ini, untuk mengetahui pengelolaan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V, untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah Seri Kembang I. Dalam pengembilan objek penelitian, penulis mengambil populasi seluruh siswa V kelas Sekolah Dasar Muhammadiyah Seri Kembang 1 berjumlah 32 orang. Untuk mendapat data tersebut penulis menggunakan data observasi, wawancara, documentasi serta angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Sedangkan analisis data yang di gunakan adalah menggunakan rumus TES ”t” untuk dua sample besar yang satu sama lain saling berhubungan. Hasil dari analisis data disimpulkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi beajar siswa .hal ini dapat dilihat dari taraf signifikan 5% adalah 2,04 dan pada signifian 1% adalah 2,75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Jul 2021 06:38
Last Modified: 05 Jul 2021 06:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9013

Actions (login required)

View Item View Item