LENY, APRIANITA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI JAMUR KELAS X SMA AZHARYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI.PDF.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Model Pembelajaran Pencapaian Konsep merupakan Model pembelajaran yang membuat guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa. Siswa harus membangun sendiri pengetahuan di dalam benaknya. Agar siswa merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar, Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dirasa perlu dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah menengah atas, khususnya dalam pembelajaran Biologi. Pembelajaran biologi dengan menggunakan model pencapaian konsep dapat mengembangkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep terhadap pemahaman konsep siswa kelas X di SMA Azharyah Palembang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 28 September 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan desain posttest-only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X di SMA Azharyah Palembang tahun ajaran 2016- 2017 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 93 siswa. Dari tiga populasi diambil sampel dengan menggunakan penentuan sampel teknik nonprobability sampling didapatkan dua kelas sampel yaitu kelas X.2 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes dan lembar observasi. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai kedua, kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi jamur. pada pertemuan ketiga, kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui adakah peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diberi perlakuan. Hasil nilai rata-rata postest siswa kelas eksperimen yaitu 75,34 sedangkan nilai rata-rata postest kelas kontrol yaitu 62,70. Hasil analisis kedua kelas menggunakan uji-t diperoleh untuk thitung = 3,913 dan ttabel dengan signifikan 5% = 1,672 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Data hasil soal pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 81% < 41%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran pencapaian konsep terhadap pemahaman konsep siswa kelas X pada materi jamur di SMA Azharyah Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:07 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 04:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9027 |
Actions (login required)
View Item |