PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALEMBANG

NUR, HAZIJAH (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LENGKAPPP BURNING ok.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan software Geogebra sebagai media pembelajaran pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 4 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2016 - 2017. Penelitian ini mengambil dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, siswa kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol dimana rata-rata kemampuan pemahaman matematikanya tidak ada perbedaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa setelah diterapkan software Geogebra. Teknik analisis data data yang digunakan adalah uji t (uji pihak kanan). Berdasarkan hasil analisis data rata-rata hasil post-test kelas kontrol 61,44 dan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen 80,89. Sehingga diperoleh thitung adalah 3,93 dan ttabel adalah 1,674 dengan dk = 54 dan taraf signifikan α = 5% yang bearti thitung > ttaabel ( 3,93 > 1,674). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan software Geogebra sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII di SMP Negeri 4 Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
?? QA76 ??
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:08
Last Modified: 06 Jul 2021 09:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9037

Actions (login required)

View Item View Item