NUR, AFIFAH (2017) KORELASI ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII MTs. NURUSSALAM SIDOGEDE BELITANG OKU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik jika dalam proses pembelajaran siswa memiliki motivasi untuk belajar di kelas, dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dapat memotivasi siswa dalam kegiaan pembelajaran. Keadaan siswa di kelas VII MTs. Nurussalam Sidogede yaitu siswa pasif dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya motivasi untuk belajar sehingga ada siswa yang tidur di kelas, dengan demikian diperlukan penggunaan media pembelajaran yang menarik yang sesuai untuk menyampaikan materi pembelajaran, salah satu cara dengan memvisualisasikannya dengan menggunakan media komik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara media pembelajaran komik dengan motivasi belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan di kelas VII MTs. Nurussalam Sidgede Belitang OKU Timur. Penelitian ini dilakukan pada 20-25 Mei 2017 di MTs. Nurussalam Sidogede Belitang OKU Timur dengan jenis penelitian kuantitatif dan metode penelitian pre-eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara media pembelajaran komik dengan motivasi belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan di kelas VII MTs. Nurussalam Sidogede Belitang OKU Timur dengan nilai 0,876 yang dikategorikan hubungan yang kuat dan nilai signifikan sebesar 10,099. Hasil dari perhitungan koefisien determinasi didapat nilai 76,7 % dan sisanya 23,3 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang menarik dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa di kelas dimana media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu proses pembelajaran yang lebih menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 04:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9038 |
Actions (login required)
View Item |