PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PADA ANAK TUNA WICARA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA KARYA IBU PALEMBANG

RIKA PURNAMA, SARI (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PADA ANAK TUNA WICARA DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA KARYA IBU PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
IIN ROYANI 12222046.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia, begitu pula dengan anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Pendidikan untuk ABK (Tuna Wicara) memerlukan pendekatan dan proses pembelajaran secara khusus disebabkan memiliki intelegensi dibawah rata-rata, peran guru Pendidikan Agama Islam sangatlah penring dalam meningkatkan minat belajar yang menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran dan penyemaian nilai-nilai keagamaan. Selain itu guru juga harus melakukan pendekatan�pendekatan khusus dalam rangka mencapai tujuan. Terutama mengenai minat siswa tuna wicara yang sering berubah-ubah sangat berpengaruh terhadap kesuksesan siswa dalam belajar. Oleh karena itu, seorang guru dalam menghadapi kurangnya minat atau perhatian untuk menerima pelajaran maka sebisa mungkin mengusahkan untuk dapat membangkitkan minat belajar siswa dengan mengembangkan segala potensi yang dimiliki. Dari latar belakang tersebut maka timbul rumusan masalah yaitu bagaimana minat belajar pada anak Tuna Wicara di SDLB Karya Ibu Palembang, bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar pada anak Tuna Wicara di SDLB Karya Ibu Palembang dan apa saja factor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa Tuna Wicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar pada anak tunarungu wicara di SDLB B karya ibu Palembang, untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan minat belajar pada anak tuna wicara di SDLB B Karya Ibu Palembang dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung serta solusi permasalahan pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa tuna wicara di SDLB B Karya Ibu Palembang. Menurut jenisnya penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Adapun penelitian ini ditunjukkan kepada SDLB Karya Ibu Palembang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa Tuna Wicara kelas IV. Metode pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, observasi dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar pada anak tuna wicara di SDLB Karya Ibu Palembang diantaranya adalah : peran guru PAI sebagai pengajar, namun guru juga berperan sebagai korektor, inspirator, informator, motivator, pembimbing dan supervisor, akan tetapi dalam menumbuhkan minat belajar siswa guru berperan sebagai motivator. Faktor yang menghambat proses belajar mengajar siswa tuna wicara adalah Media, Sarana dan Prasarana di SDLB Karya Ibu Palembang, Lingkungan sosial siswa, dan Teman sebaya. Faktor yang mendukung proses belajar mengajar siswa tuna wicara adalah Profesionalisme guru, Kepribadian guru, Keadaan jasmani siswa yang baik, Aspek psikologi (kejiwaan) siswa yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:08
Last Modified: 06 Jul 2021 09:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9041

Actions (login required)

View Item View Item