LIZA, KHOLIPAH (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPRNGARUHI KURANGNYA MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
FERRY KURNIAWAN (13210090).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul: Faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa pada mata pembelajaran pendidikan Agama Islam dikelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa pada mata pembelajaran Pendidikan Agma Islam dikelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Upaya-upaya apa yang dilakukan guru dalam membangkitkan minat belajar siswa pada mata pembelajaran pendidikan Agama Islam di kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa pada mmata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk mengetahui upaya-upaya guru dalam membangkitkan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yakni suatu penelitian untuk menjawab permasalahan permasalahan pemahaman secara mendalam dalam konteks waktu dan situasi yang bersangkutran, dilakukan secara wajar dan natural sesuai dengan kondisi objektif dilapangan tanpa adanya monipulasi,serata jenis data yang dikumpulkan subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam, kepala sekolah dan siswa di smk muhammadiyah 1 palembang. data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan mengunakan metode observasi,wawancara,dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data mengunakan model interaktif Miles dan Huberman. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu: pertama Faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa di kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang yaitu: Faktor internal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa yang meliputi: faktor biologis dan faktor psikologis. Faktor eksternal faktor yang berasal dari dalam diri individu dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Adapun faktor-faktor internal tersebut meliputi: faktor keluarga, faktor sekolah, faktor kurikulum dan faktor lingkungan. Upaya-upaya guru pendidikan Agama Islam dalam membangkitkan minat belajar siswa dapat di katakan baik dan positif berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh penulis dengan kepala sekolah, guru pendidikan Agama Islam dan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Adapaun upaya guru dalam membangkitkan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 1 Palembang yaitu dengan menggunakan metode yang tepat dan juga strategi belajar mengajar yang tepat pula. juga memperbanyak alat praga atau semakin mempariasi alat praga untuk merangsang minat belajar siswa dan mengajak siswa turut serta pada kegiatan-kegiatan yang ada hubungan dengan pembelajaran pendidikan Agama Islam secara langsung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:08 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 09:08 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9045 |
Actions (login required)
View Item |