HANIFATUN, NI'MAH (2017) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK HASIL BELAJAR KOMPETENSI KETERAMPILAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS X MADRASAH ALIYAH AL FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
KUMPULAN SKRIPSI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penilaian dalam pendidikan pada hakikatnya merupakan proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan peserta didik. Gambaran perkembangan ini perlu diketahui oleh pendidik untuk memastikan bahwa peserta didik mengalami proses pembelajaran dengan benar. Penilaian dalam pendidikan bertujuan untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan serta keberhasilan siswa setelah mengalami atau melakukan kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu. Selain itu juga unuk mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan pelaksanaan penilaian autentik hasil belajar kompetensi keterampilan pada mata pelajaran Fiqih di kelas X Madrasah Aliyah Al Fatah Palembang. Deskripsi pelaksanaan penilaian autentik hasil belajar kompetensi keterampilan ini meliputi pemahaman guru Fiqih tentang pelaksanaan penilaian autentik hasil belajar kompetensi keterampilan, pelaksanaan penilaian autentik hasil belajar kompetensi keterampilan, dan kendala yang dialami guru dalam melakukan penilaian hasil belajar kompetensi keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan,untuk memperoleh data digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji obyektifitas dan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Triangulasi sumber berarti untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan teknik yang sama. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh informasi bahwa (1) Pemahaman guru Fiqih mengenai penilaian autentik hasil belajar kompetensi keterampilan tersebut sudah bagus walaupun masih terbatas karena kurangnya pelatihan. Penjelasan-penjelasan yang dikemukan oleh guru Fiqih juga sesuai dengan teori yang ada (2) Pelaksanaan penilaian autentik hasil belajar kompetensi keterampilan sudah dilaksanakan oleh guru Fiqih kelas X Madrasah Aliyah Al Fatah Palembang walaupun belum sempurna karena kurangnya pelatihan dan belum menggunakan semua teknik penilaian kompetensi keterampilan yang ada pada Kurikulum 2013. Sementara itu teknik penilaian yang sering digunakan adalah teknik praktik/kinerja atau unjuk kerja (3) Kendala guru Fiqih dalam pelaksanaan penilaian autentik hasil belajar kompetensi keterampilan diantaranya: penilaian harus dilakukan dengan rubrik yang mencakup semua penilaian keterampilan sehingga menghabiskan waktu pembelajaran di kelas yang mengakibatkan satu hari tidak semuanya tuntas dilaksanakan, guru merasa berat karena harus menjumlahkan setiap nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan lalu mendeskripsikan hasil nilai yang didapat tersebut kedalam daftar nilai, dan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan penilaian karena siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:09 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 09:09 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9051 |
Actions (login required)
View Item |