DINAMIKA MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH DI KAMPUNG SAUDAGAR KOETJING 3 ULU PALEMBANG (1965-2018)

Pujiatun Patmasari, Pujiatun Patmasari and Moh Syawaludin, Pembimbing I and Nyimas Umi Kalsum, Pembimbing II (2021) DINAMIKA MADRASAH IBTIDAIYAH NAJAHIYAH DI KAMPUNG SAUDAGAR KOETJING 3 ULU PALEMBANG (1965-2018). Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS_NoCopy.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

INTISARI Program Pascasarjana Jurusan Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Tesis, 2020 Pujiatun Patmasari, “Dinamika Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah di Kampung Saudagar Koetjing 3Ulu Palembang (1965 – 2008)” xix + 122 halaman + lampiran Penelitian ini mendeskripsikan rangkaian sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah di Kampung Saudagar Koetjing 3 Ulu Palembang. Berdirinya Madrasah tidak lepas dari ketidakpuasan terhadap sistem pesantren yang hanya berfokus terhadap agama saja, sehingga madrasah merupakan gabungan kurikulum yaitu ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dan pendekatan yang digunakan yaitu historis dan sosiologis. Kerangka pikir dari permasalahan adanya kenyataan historis-sosiologis adalah: Pertama, bagaimana masyarakat China Muslim mendirikan lembaga pendidikan di Kampung Saudagar Koetjing 3 Ulu Palembang? Kedua, bagaimana proses terbentuknya lembaga pendidikan di Kampung Saudagar Koetjing 3 Ulu Palembang pada tahun 1965-2018? Ketiga, faktor-faktor apa yang menyebabkan Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah di Kampung Saudagar Koetjing 3 Ulu Palembang dapat bertahan?. Sementara itu, penulis menggunakan teori gerak perkembangan (progresif linier) untuk menjelaskan perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah di Kampung Saudagar Koetjing 3 Ulu Palembang. Kedua, teori challenge and response yang menguraikan bahwa tantangan dalam hal gagasan dan cita-cita. Adapun hasil penelitian ini menemukan fakta bahwa proses berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah dikarenakan adanya kesadaran masyarakat keturunan Tioghoa yang berperan dalam mendirikan lembaga pendidikan yaitu Muhammad Azim Azhari. Selain itu, ada tiga faktor Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah dapat bertahan, yaitu: Pertama, Faktor Ulama; Kedua, Faktor Kerjasama; Ketiga, Faktor Kepercayaan Masyarakat terhadap Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah. Jadi, secara resmi berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah pada tanggal 1 Januari 1965. Kata Kunci; Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah – Muhammad Azim Amin – Lembaga Pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 900 Sejarah dan Geografi > Sejarah (Umum)
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:14
Last Modified: 22 Jul 2021 02:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9078

Actions (login required)

View Item View Item