PENERAPAN METODE 10 MENIT PER HALAMAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ GRAHA TIARA SUKABANGUN

ARIEF, HIDAYAT (2018) PENERAPAN METODE 10 MENIT PER HALAMAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI DI RUMAH TAHFIDZ GRAHA TIARA SUKABANGUN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
‎ilham alakbar 12250053.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Metode menghafal Al-Qur’an 10 menit per halaman adalah metode menghafal yang jika dilakukan dengan benar maka seseorang bisa menghafal satu halaman Al�Qur’an dalam waktu kurang lebih 10 menit secara baik dan lancar (mutqin). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode menghafal Al-Qur’an 10 Menit Per Halaman dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri di Rumah Tahfidz Graha Tiara Sukabangun. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan seluruh santri Rumah Tahfidz Graha Tiara Sukabangun yang terdiri dari 5 kelas. Dengan menggunakan teknik pusposive sampling, dari 5 kelas hanya diambil dua kelas yang dijadikan sampel eksperimen dan kontrol yaitu kelas tahfidz 1 juz ke atas putri dan kelas tahfidz di atas 1 juz putra dengan jumlah sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dan lembar observasi. Data yang diambil adalah kemampuan menghafal Al-Qur’an santri (Gain) berupa selisih nilai tes awal dan tes akhir dengan menerapkan statistik uji-t untuk menguji kemampuan menghafal Al-Qur’an santri. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata tes awal dan tes akhir untuk kelas yang menerapkan metode menghafal Al-Qur’an 10 menit per halaman adalah 40,8 dan 90,1 serta selisih antara rata-rata tes akhir dan tes awal adalah 49,3. Sedangkan untuk kelas yang menerapkan metode konvensional diperoleh nilai rata�rata tes awal dan tes akhir yaitu 49,6 dan 70,4 serta selisih antara rata-rata tes akhir dan tes awal adalah 20,8. Berdasarkan uji hipotesis, didapatkan thitung dengan nilai 6,664dan ttabel dengan taraf kesalahan 5% =1,734 artinya Ho ditolak dan Ha diterima.Berarti nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,664>1,734) yang artinya hipotesis diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri secara signifikan setelah diajar dengan menerapkan metode menghafal Al-Qur’an 10 menit per halaman di rumah tahfidz Graha Tiara Sukabangun. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka metode menghafal Al-Qur’an 10 menit per halaman dapat dijadikan salah satu alternatif metode dalam menghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? Z665 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:18
Last Modified: 22 Jul 2021 02:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9148

Actions (login required)

View Item View Item