PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAPKEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AISYIYAH I PALEMBANG

VIVIN, ERVIANA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAPKEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) AISYIYAH I PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
VIVIN 13210288.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul tentang Pengaruh Penggunaan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Siswa SMA „Aisyiyah I Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan metode tutor sebaya terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa SMA „Aisyiyah I Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 di SMA „Aisyiyah I Palembang yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes praktek dan dokumentasi. Dengan menggunakan rumus tes “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan membaca Al-Qur‟an sebelum menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Al-Islam (surah Al-Maidah ayat 48 dan surah At Taubah ayat 105) di SMA „Aisyiyah I Palembang tergolong rendah hal ini terbukti dari siswa yang mendapat skor tinggi sebayak 1 orang (2,57%), siswa skor sedang sebanayak 9 orang (23,08%), dan siswa yang mendapatkan skor rendah ada 29 orang (74,35%). Sedangkan Kemampuan membaca Al-Qur‟an sesudah menggunakan metode tutor sebaya pada mata pelajaran Al-Islam (surah Al-Maidah ayat 48 dan surah At Taubah ayat 105) di SMA „Aisyiyah I Palembang tergolong rendah hal ini terbukti dari siswa yang mendapat skor tinggi sebayak 11 orang (28,20%), siswa skor sedang sebanayak 15 orang (38,47%), dan siswa yang mendapatkan skor rendah ada 13 orang (33,33%). Terdapat pengaruh yang signifikansi antara penggunaan metode tutor sebaya terhadapkemampuan membaca Al-Qur‟an siswa SMA„Aisyiyah I Palembang. Dalam hal ini,dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to = - 5,70) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (5% = 2,02 dan 1% = 2,71) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,02<5,70>2,71

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Jul 2021 06:43
Last Modified: 16 Jul 2021 06:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9156

Actions (login required)

View Item View Item