AYU PURNAMA, SARI (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
AYU purnama sari 13270014.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Inonesia (PMRI) dalam proses pembelajaran untuk melihat tercapai atau tidaknya suatu tujuan pembelajaran, salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran Matematika pada umumnya adalah hasil belajar kurang dari KKM (kriteria ketuntasan minimal). Dalam menangani masalah tersebut maka peneliti akan menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Sehingga rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, bagaimana Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada mata pelajaran Matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa yang diterapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan hasil belajar siswa yang tidak diterapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada siswa kelas IV mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang?, adakah pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain true-experimental dalam bentuk posttest-only control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan teknik simple random sampling. Dalam memperoleh data penulis menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terdapat pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa. Persentase hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mengunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dengan kategori nilai tinggi ada ada 3 orang siswa (9%), yang mendapatkan katagori sedang berjumlah 27 orang siswa (79%), serta yang mendapatkan kategori rendah berjumlah 4 orang siswa (12%). Sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak mengunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dikategorikan tinggi berjumlah ada 7 orang siswa (20%), yang mendapatkan katagori sedang berjumlah 19 orang siswa (54%), serta yang mendapatkan kategori rendah berjumlah 9 orang siswa (26%)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 01:07 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 01:07 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9208 |
Actions (login required)
View Item |