RAHMAT, RHOMADONI (2017) PENERAPAN MODEL SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS AHLIYAH 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Skripsi Rahmat Rhomadoni.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul: “Penerapan Model Scaffolding Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII MTs Ahliyah 1 Palembang.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan model scaffolding? (2) bagaimana hasil belajar siswa sesudah diterapkan pembelajaran model scaffolding? (3) apakah ada pengaruh model scaffolding dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTs Ahliyah 1 Palembang?. Tujuan penelitian ini mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model scaffolding dan mengetahui pengaruh penerapan model scaffolding untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Ahliyah 1 Palembang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ialah: Jenis penelitian merupakan penelitian pre eksperimental. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif terdiri dari data yang menunjukkan angka seperti hasil pre-test dan post-test, jumlah guru, jumlah siswa dan sarana prasarana. Sedangkan data kualitatif terdiri dari hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak, data yang bersifat menggambarkan sejarah serta kondisi sekolah MTs Ahliyah 1 Palembang. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas VIIA. Data sekunder diperoleh dari observasi serta dokumentasi sekolah. Populasi adalah seluruh siswa MTs Ahliyah 1 Palembang yang berjumlah 171 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumupulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Hasil pada penelitian ini adalah yang pertama, hasil belajar siswa sebelum penerapan model scaffolding tergolong dalam kategori rendah sebanyak 13 orang siswa dengan presetase 43,34%. Sedangkan dalam kategori sedang sebanyak 11 siswa dengan prsentase 36,66% dan kategori tinggi sebanyak 6 orang siswa dengan presentase 20,00%. Kedua, hasil belajar siswa setelah menggunakan penerepan model scaffolding tergolong dalam kategori sedang sebanyak 19 orang siswa dengan presentase 63,33%. Sedangkan siswa yang tergolong rendah turun sebanyak 5 siswa dengan presentase 16,77% dan tergolong tinggi sebanyak 6 orang siswa dengan presentase 20,00%. Ketiga, penerepan model scaffolding memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan test t lebih besar dari t tabel, baik taraf signifikan 5% maupun taraf 1% dengan rincian 2,03<9,80>2,76 yang berati Ha diterima dan Ho ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian yakni terdapat peningkatan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII A di MTs Ahliyah 1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 00:58 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 00:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9225 |
Actions (login required)
View Item |