HUBUNGAN PEMAHAMAN KODE ETIK GURU DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN KERJADI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TRIMOHARJO OKU TIMU

ETIK, KUSTIANA (2017) HUBUNGAN PEMAHAMAN KODE ETIK GURU DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN KERJADI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TRIMOHARJO OKU TIMU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ETIK KUSTIANA KASET.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah hubungan pemahaman kode etik guru dengan tingkat kedisiplinan kerja di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur. Guru merupakan tenaga profesional yang perlu memiliki kode etik profesi keguruan. Disiplin kerja yang baik diperlukan bagi guru sebagai wujud nyata dari pengawasan dalam menciptakan tata tertib organisasi sekolah atau madrasah. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana pemaham kode etik guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur? Bagaimana tingkat kedisiplinan kerja di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur? Bagaimana hubungan pemahamn kode etik guru dengan tingkat kedisiplinan kerja di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur? Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang menyajikan mengenai hubungan pemahaman kode etik guru dengan tingkat kedisiplinan kerja di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 17 guru, yaitu 7 guru laki-laki dan 10 guru perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggukankan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik korelasi “Product Moment”, menyajikan data, kemudian menarik kesimpulan dari data yang telah disajikan. Berdasarkan hasil perhitungan data tentang kode etik guru tergolong sedang, berdasarkan rumus TSR yang termasuk kategori tinggi sebanyak 4 responden atau 25,53%, kategori sedang sebanyak 10 responden atau 58,82%, dan 3 responden atau 17,65% terkategori rendah. Sedangakan data tentang tingkat kedisiplinan kerja tergolong sedang, berdasarkan rumus TSR yang termasuk kategori tinggi sebanyak 3 responden atau 17,65%, kategori sedang sebanyak 10 responden atau 58,82%, dan 4 responden atau 23,53 % terkategori rendah. Selanjutnya, analisis kuantitatif dari hasil penelitian hubungan pemahamn kode etik guru dengan tingkat kedisiplinan kerja di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Trimoharjo OKU Timur menunjukkan bahwa dengan hasil perhitungan korelasi product moment sebesar 0,70 jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi t, pada taraf signifikan 5% = 0,482 dan pada taraf signifikan 1% = 0,606, jadi 0,482 < 0,70 > 0,606. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa antara kode etik guru dengan tingkat kedisiplinan kerja di MIN Trimoharjo OKU Timur terdapat hubungan yang signifikan dan mempunyai hubungan yang positif, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 23 Jul 2021 00:58
Last Modified: 23 Jul 2021 00:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9226

Actions (login required)

View Item View Item