MARGIANTI, MARGIANTI (2018) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I PURWOSARI KECAMATAN LAIS KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI MARGIANTI 13270058 (PGMI).pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Gaya belajar merupakan cara yang lebih kita sukai dan merasa paling efektif dan efisien dalam melakukan kegiatan berfikir, memperoses, dan mengerti suatu informasi. Secara umum kita menggunakan tiga preferensi sensori, yaitu berdasarkan pada visual (penglihatan), auditorial (pendengaran), dan kinestetik (sentuhan dan gerakan). Namun walau pun kita cenderung pada satu jenis preferensi ini tidak berarti bahwa preferensi sensori lain tidak baik. Semua baik, tergantung mana yang kita rasa paling sesuai untuk diri kita, karena gaya belajar merupakan ciri khas yang dimiliki oleh setiap individu. Siswa berprestasi merupakan siswa yang telah meraih sesuatu hasil dari apa yang diusahakannya. Dalam meraih sesuatu tak lepas dari cara untuk memperolehnya, salah satu yang dapat kita ketahui yaitu gaya belajar. Skripsi ini membahas “Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN I Purwosari Kec. Lais Kab. Musi Banyuasin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa berprestasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini ialah siswa berprestasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas V yang berjumlah 4 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi. Serta dalam menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Hubberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Siswa berprestasi di kelas V SDN I Purwosari menunjukkan kombinasi gaya belajar VAK, (Visual, Auditorial, dan Kinestetik). Kecenderungan gaya belajar VAK antar siswa berprestasi berbeda-beda. Dari empat siswa berprestasi terdapat dua kecenderungan yaitu gaya belajar visual dan auditorial. Satu siswa berprestasi yang cenderung menggunakan gaya belajar visual dengan porsi visual > auditorial > kinestetik, sedangkan yang lain cenderung pada gaya belajar auditorial. Dua siswa berprestasi yang cenderung pada gaya belajar auditorial dengan porsi auditorial > kinestetik > visual, dan satu siswa berprestasi yang cenderung pada gaya belajar auditorial dengan porsi auditorial > visual > kinestetik. Kecenderungan karakteristik gaya belajar VAK pada keempat siswa berprestasi menggambarkan beberapa karakteristik setiap gaya belajar, yaitu visual belajar melalui membaca dan menulis, dan berpenampilan dapi. Auditorial belajar dengan menyimak dan berdiskusi, mudah terganggu oleh kegaduhan, suka berbicara secara langsung (verbal), dan suka berbicara sendiri saat berfikir sedangkan kinestetik, siswa aktif bergerak saat belajar serta menggunakan isyarat tubuh. Oleh karna itu setiap individu memiliki kekhasannya masing-masing dan memiliki kecenderungan pada salah satu dari gaya belajar vak (visual, auditorial, dan kinestetik) dan semua gaya belajar itu baik tergantung pada individu masing-masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 23 Jul 2021 00:58 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 00:58 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9233 |
Actions (login required)
View Item |