PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI MTs NEGERI LAHAT

WILIA, EFRIANI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI MTs NEGERI LAHAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1. file pdf skripsi.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Motivasi sebagai salah satu faktor psikologis dalam proses belajar mengajar memiliki makna sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. Adanya usaha yang tekun dan terutama didasari dengan motivasi, maka sesorang yang belajar akan dapat melahirkan prestasi yang baik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup di MTs Negeri Lahat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini bersifat deskriptif-kuantitatif menggunakan metode Quasy eksperimen, rancangan yang digunakan adalah Posstest Only- Control Design. Populasi yaitu seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Lahat dan sampel yaitu kelas VII 1 sebagai kelas kontrol dan VII 5 sebagai kelas eksperimen. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan data yang terkumpul dianalisis deskriptif-kuantitatif sederhana. Hasil penelitian melalui pengamatan langsung dengan menggunakan lembar observasi membuktikan bahwa ada peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Stray (TSTS) dari pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga dan dilihat dari hasil angket yang dihitung dengan menggunakan uji t untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap motivasi belajar siswa dengan taraf signifikan 5% yaitu sebesar 1,9983. Setelah dikonsultasikan ternyata thitung˃ ttabel atau 7,56 ˃ 1,9983. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2021 01:58
Last Modified: 27 Jul 2021 01:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9276

Actions (login required)

View Item View Item