PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PALEMBANG

ALFINATRI, ALFINATRI (2017) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI alfinatri 13270002.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan pembelajaran terpadu tipe connected dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, Bagaimana penerapan pembelajaran terpadu tipe connected pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang? Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran terpadu tipe connected pada pelajaran IPS siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang?Apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran terpadu tipe connected terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Bentuk desain pre-eksperimen yaitu One Group pretest-posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan teknik simple random sampling. Adapun populasi siswa kelas IV yang berjumlah 119 siswa, dengan sampel kelas IVA. Dalam memperoleh data penulis menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model connected terhadap hasil belajar siswa, pertama Penerapan model connected (keterhubungan) pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang berhasil diterapkan dengan baik. Kedua, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiayah Negeri 1 Palembang sebelum ( pre-test) diterapkan model connected memiliki rata-rata nilai 44, 69. Kemudian sesudah (post-test) penerapan model connected diperoleh rata-rata nilai 86,45. Ketiga, hasil persentase sesudah diterapkan model connected yaitu yang mendapat nilai tinggi sebanyak 5 orang siswa dengan persentase (17%), nilai sedang ada 19 orang siswa dengan persentase (66%), nilai rendah ada 5 orang siswa dengan persentase (17%). Berdasarkan analisis data dengan rumus t-test adalah nilai perhitungan t-test lebih besar dari pada t-tabel, baik taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan rincian 2,00<22,165>2,65. Dengan demikian dapat disimpulkan Hipotesis Nihil (Ho) yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model connected pada pembelajaran IPS kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang tidak diterima/ditolak dan Hipotesis Alternatifnya (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:02
Last Modified: 27 Jul 2021 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9305

Actions (login required)

View Item View Item