PEMBINAAN SIKAP KEAGAMAAN PADA SISWA KELAS VIII.2 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL IMAN PALEMBANG

EFTI, MARIANI (2018) PEMBINAAN SIKAP KEAGAMAAN PADA SISWA KELAS VIII.2 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EFTI MARIANI (13210320).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini “Pembinaan sikap keagamaan pada siswa kelas VIII.2 di Sekolah Menengah Pertama Nurul Iman Palembang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang belum memilki sikap keagamaan yang baik di lingkungan sekolah, misalnya pada saat kegiatan keagamaan masih ada siswa yang kurang berantusias. Pembinaan sikap keagamaan ini diharapkan menjadi solusi dalam membentuk sikap keagamaan yang baik pada siswa, sehingga akan membuat siswa memilki akhlakul karimah serta memilki prestasi yang unggul dan berkarakter. Permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap keagamaan pada siswa kelas VIII.2 di SMP Nurul Iman Palembang? Bagaimana bentuk pembinaan sikap keagamaan pada siswa kelas VIII.2 di SMP Nurul Iman Palembang? Adakah faktor pendukung dan penghambat dalam membina sikap keagamaan pada siswa kelas VIII.2 di SMP Nurul Iman Palembang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap keagamaan pada siswa kelas VIII.2 di SMP Nurul Iman Palembang? Untuk mengetahui bentuk pembinaan sikap keagamaan pada siswa kelas VIII.2 di SMP Nurul Iman Palembang? Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membina sikap keagamaan pada siswa kelas VIII.2 di SMP Nurul Iman Palembang? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu menguraikan tentang pembinaan sikap keagamaan pada siswa kelas VIII.2 di Sekolah Menengah Pertama Nurul Iman Palembang. Data primer adalah sumber data yang diperoleh langsung dari lapangan penelitian, sedangkan data skunder adalah sumber data yang mendukung yang bersumber dari literatur-literatur. Data dalam penelitian ini di kumpulkan melalui tiga metode, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kualitatif artinya mengurai, menyajikan, atau menjelaskan seluruh permasalahan secara tegas dan sejelas-jelasnya. Selanjutnya dari uraian permasalahan itu di tarik kesimpulan secara deduktif, yakni menyimpulkan pernyataan-pernyataan yang bersifat umum ke khusus, sehingga penyajian penelitian ini dapat dipahami sengan mudah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sikap keagamaan siswa kelas VIII.2 di SMP Nurul Iman Palembang dikategorikan baik karena pada dasarnya siswa telah memahami konsep-konsep keagamaan dengan baik dan memilki kesadaran yang cukup untuk melaksanakan ajaran agama. 2) bentuk pembinaan yang dilakukan guru yaitu kegiatan sholat ashar berjamaah, pembacaan surah yasiin setiap jumat, dzikir dan tahlil berjamaah, peringatan hari besar Islam, dan infaq. 3) Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam membina sikap keagamaan siswa yaitu terbatasnya pengawasan dari dekolah, lingkungan siswa, minimnya pendidikan dan perhatian orang tua. Sedangkan faktor pendukung dalam membina sikap keagamaan siswa adalah adanya kerja sama antara sekolah dan orang tua dalam mengawasi, mendidik dan membina siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:02
Last Modified: 27 Jul 2021 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9308

Actions (login required)

View Item View Item