HADI, SYARIFI (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN Al-QUR’AN HADITS DI KELAS X MA AULIA CENDEKIA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI HADI SYARIFI.pdf Download (425kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di MA Aulia Cendekia Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah dampak manajemen waktu belajar Al-Qur’an dan Al-Hadits terhadap efektivitas pembelajaran siswa kelas X MA Aulia Cendekia Palembang. Informan utama dalam penelitian adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits serta enam orang siswa dari tiga puluh tujuh siswa di kelas X MA Aulia Cendekia Palembang. sedangkan informan pendukungnya adalah kepala sekolah, satu orang guru mata pelajaran Fiqih dan satu orang guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di MA Aulia Cendekia Palembang sebagai responden penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dengan melakukan reduksi data (data reduction), kemudian menyajikan data (data display), lalu diambil kesimpulan (conclusion drawing verivication). Hasil penelitian ini adalah pertama, Efektivitas pembelajaran A-Qur’an dan Al-Hadits Kelas X di MA Aulia Cendekia sudah dapat dikatakan baik. Hal ini terlihat dari guru yang selalu membuat perencanaan pembelajaran di setiap pertemuan, memanfaatkan sarana perpustakaan yang ada di sekolah sebagai sumber belajar, selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat belajar, menanamkan rasa cinta siswa terhadap Al-Qur’an dan Al-Hadits serta sikap adil yang ditunjukkan guru untuk semua siswa yang diajarnya. Hanya saja dalam proses kegiatan pembelajaran guru kurang bervariasi dalam menggunakan metode, pengunaan medianya kurang kreatif karena kurang bisa melihat dan memanfaatkan media yang ada sebagai sumber belajar, Serta dalam penyampaian materinya terlalu cepat sehingga sulit dipahami oleh siswa. Kedua, Faktor-faktor pendukung dan penghambat mata pelajaran Al�Qur’an Hadits di MA Aulia Cendekia Palembang: faktor pendukungnya adalah pemanfaatan perpustakan dan siswanya lancar dalam membaca dan menghafal Ayat�ayat Al-Qur’an, penggunaan metode dan media dan adanya motivasi yang tinggi baik itu dari pendidik maupun peserta didik. sedangkan faktor penghambatnya adalah kurikulum yang terus berganti, belum tersedianya buku pegangan atau cetak, kurangnya kerja sama antara sebagian orangtua dengan pihak sekolah dan kurangnya akses internet serta Belum semua kelas di MA Aulia Cendekia Palembang yang terdapat media pembelajaran LCD proyektor
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 01:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 01:05 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9343 |
Actions (login required)
View Item |