PROFESIONALISME GURU DALAM MENGEMBANGKAN MATERI AJAR BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I TELADAN PALEMBANG)

ELLY DWINA, HONESTI (2017) PROFESIONALISME GURU DALAM MENGEMBANGKAN MATERI AJAR BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I TELADAN PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ELLY DWINA HONESTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kompetensi yang disyaratkan dalam melakukan tugas pendidikan. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan guru dalam menguasai materi ajar dan mengembangkannya, karena materi ajar merupakan komponen yang sangat penting dalam pembelajaran dan merupakan bagian penting untuk menentukan keberhasilan peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini yang pertama pengembangan materi ajar yang dilalukan oleh guru bahasa Arab di MIN 1 Teladan palembang, kedua bagaimana profesionalisme guru dalam mengembangkan materi ajar bahasa Arab di MIN 1 Teladan Palembang, dan ketiga apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam mengembangkan materi ajar bahasa Arab di MIN 1 Teladan Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan materi ajar yang dilakukan oleh guru bahasa Arab MIN 1 Teladan Palembang, bagaimana profesionalisme guru dalam mengembangkan materi ajar serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan materi ajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Arab, lima orang siswa dan kepala madrasah di MIN 1 Teladan Palembang. Alat pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis menurut Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam pengembangan materi ajar bahasa Arab yang dilakukan oleh guru bahasa Arab di MIN 1 Teladan Palembang dimana guru membutuhkan kemampuan dalam menguasai dan merancang materi pembelajaran, memilih dan mengumpulkan materi seoptimal mungkin untuk membantu peserta didik dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar, Menyusun materi sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran dimana materi diurutkan berdasarkan SK dan KD yang ada. Mengidentifikasi materi-materi yang diperoleh dan yang tidak diperoleh dari buku, Menyusun program pengajaran. Adapun profesionalisme guru dalam mengembangkan materi pembelajaran semakin profesional guru tersebut maka akan semakin mudah baginya dalam mengembangkan materi ajar. Guru yang profesional akan meguasai materi dengan berpedoman pada silabus yang ditetapkan, mengembangkan kreatifitasnya dengan cara sharing pengalaman antara guru, mengembangkan dan memanfaatkan media media massa dan media cetak. mengembangkan dirinya melalui seminar pendidikan, workshop, dan belajar mandiri. Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan materi ajar ialah faktor internal yaitu kemampuan serta keinginan dari diri guru bahasa Arab itu sendiri serta faktor eksternal yaitu keadaan sarana prasarana serta dukungan dari orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Jul 2021 01:07
Last Modified: 28 Jul 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9358

Actions (login required)

View Item View Item