Agustiawan, Agustiawan (2020) METODE PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT HASAN AL-BANNA ANALISIS BUKU MAJMUATU RASAIL. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
A. BAB I.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
E. BAB V.pdf Download (254kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang metode pendidikan akhlak menurut Hasan Al- Banna Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Hasan Al-Banna dalam buku majmuatu rasail tentang pendidikan akhlak dan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pendidikan akhlak menurut Hasan Al- Banna dalam buku majmuatu rasail. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat kualitatif atau penelusuran literatur-literatur yang berhubungan dengan objek penelitian. Penelitian ini termasuk kategori penelitian kajian pustaka (library riset), pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan data primer dan data skunder. Pendidikan akhlak menurut Hasan Al-Banna terbagi dalam beberapa aspek pendidikan yakni askpek jasmani, aspek akhlak, aspek akal dan aspek sosial. Didalam risalah ta’lim terdapat tiga konsep pribadi yang berakhlak mulia seperti pertama akhlak kepada Allah (dalam salim Al-Aqidah, dalam shahih Al-Ibadah, dalam rukun bai’at Al-Iklas). Kedua akhlak kepada kepada diri (dalam qawiy Al-Jism, dalam matin Al-Khuluq, dalam mustsaqqaf Al-Fikr, dalam Al-Qadir ala Al-Kasb, mujahid li nafsih, harish ala waqtih, munadhom fi syuunih). Ketiga sendiri dan akhlak kepada sesama manusia (dalam nafi’li ghairih, dalam matin Al-Khuluq, dalam Al-Qadir ala Al-Kasb, dalam baiat Al-Ukhuwah, dalam ushul Al-Isyarin. Adapaun metode pendidikan akhlak yang disebutkan oleh Imam Hasan Al-Banna yaitu pertama, metode pemahaman (memahami Al-Qur’an, Al-Hadits, Sirah Nabawiyah dan Sirah Para Sahabat, dan pokok-pokok Aqidah dan cabang-cabang Fiqih). Kedua metode pembiasaan (dianjurkan untuk mempunyai wirid Al-Qur’an, membiasakan diri dalam keadaan berwudhu, memperbaiki kualitas sholat dan berjamaah dimasjid, memperbanyak istighfar dan memperbarui taubat, membiasakan diri dengan muraqabatullah dan mengamalkan doa-doa yang diambil dari Al-Qur-an maupun Hadits). Ketiga, refleksi (bermuhasabah). Kata kunci: metode pendidikan akhlak, Hasan Al-Banna
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pendidikan akhlak Hasan Al-Banna |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 05:33 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 05:33 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9514 |
Actions (login required)
View Item |