PERSEPSI POLITIK MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP MATERI KAMPANYE PASANGAN CALON BUPATI OGAN ILIR PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH (PEMILUKADA) TAHUN 2020 (Studi Pada Kelurahan Indralaya Raya Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir)

Duwi Haryani, Duwi and Dr. Ahmad Syukri, S.IP.,M.Si, Dosen pembimbing 1 and Kiki Mikail, M.A, Dosen pembimbing 2 (2021) PERSEPSI POLITIK MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP MATERI KAMPANYE PASANGAN CALON BUPATI OGAN ILIR PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH (PEMILUKADA) TAHUN 2020 (Studi Pada Kelurahan Indralaya Raya Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI DUWI HARYANI-1634300009 FULL BAB (1)_protected.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupatan Ogan Ilir 2020-2025 ini telah dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 yang merupakan wujud demokrasi dimana semua masyarakat di Kabupaten Ogan Ilir memiliki hak untuk memilih sendiri pemimpinnya secara langsung. Dalam pemilukada tahun 2020 lalu diikuti oleh 2 calon bupati dan wakil bupati, dimana 2 calon tersebut adalah Panca Wijaya Akbar Mawardi-Ardani dan Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak. Dari kedua pasangan calon tersebut selama masa kampanye diadakan mereka berkeliling dari desa ke desa untuk menyampaikan visi misi serta program kerja unggulannya kepada masyarakat Kabupaten Ogan Ilir tak terkecuali di Kelurahan Indralaya Raya. Penelitian ini menjadi menarik karena pemilukada yang telah dilaksanakan pada tahun 2020 itu mempertemukan antara pendatang baru yakni adik dari Ovi pasangan Ilyas dipemilukada periode lalu dan incumbent. Hal ini menjadi ajang kontestasi politik yang terpanas dari pemilukada sebelumnya di Sumatera Selatan dan yang menjadi fokus penelitiannya adalah masyarakat muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi politik masyarakat muslim terhadap materi kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati Ogan Ilir pada pemilukada tahun 2020 dan faktor-faktor yang mempengaruhi dari persepsi politik tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dinyatakan dengan angka-angka. Metode yang digunakan adalah metode angket/kuesioner, wawancara dan literature sebagai data pendukung dalam penelitian ini. Teknik pengambilan responden dalam penelitian ini yakni purposive sampling dengan jumlah responden 286 responden yang sesuai dengan kriteria penelitian. Hasil akhir dari penelitian ini akan dijelaskan menggunakan statistik deskriptif. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah timbulnya persepsi politik masyarakat muslim di Kelurahan Indralaya Raya terhadap materi kampanye pasangan calon bupati Ogan Ilir pada pemilukada tahun 2020 lalu, masyarakat menganggap bahwa pemilukada itu penting 100%, masyarakat juga mengetahui siapa saja calon bupatinya 97.7%. Untuk masalah kampanye yang sudah dilakukan oleh kedua paslon rata-rata masyarakat muslim di Kelurahan Indralaya Raya pernah mengikutinya 90.7%, masyarakat kelurahan Indralaya Raya sendiri lebih banyak mendengarkan materi kampanye calon bupatinya hanya lewat penjelasan dari keluarga 60.5%. masyarakat kelurahan Indralaya Raya memilih pasangan no urut 1 yakni Panca-Ardani karena menurut mereka itu adalah pasangan bupati dan wakil bupati yang paling menarik pada masa kampanye 62.8% dan paling meyakinkan untuk mereka pilih 60.5%. Dari hasil jawaban responden tersebut didapatlah bahwa masyarakat kelurahan Indralaya Raya lebih dominan memilih no urut 1 Panca-Ardani karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut, yaitu : (1) adanya faktor internal yang terdapat di dalam diri setiap individu seperti daya pilih seseorang untuk menerima dan mengolah pengaruh dari luar dan (2) faktor eksternal ini mempengaruhi persepsi melalui karakteristik lingkungan dan objek-objek yang terlibat didalamnya. Objek yang terlibat akan menimbulkan persepsi. Pada pelaksanaan pemilukada tahun 2020 berupa objek-objek yang ada dalam pelaksanaan pemilu berupa baliho maupun poster ataupun benner. Persepsi masyarakat muslim di Kelurahan Indralaya Raya hanya terfokus pada materi kampanye yang dibawakan para calon kepala daerah serta faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat memilih calon kepala daerahnya. Kata Kunci : Materi Kampanye, Masyarakat Muslim, Ogan Ilir, Pemilukada, Persepsi Politik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 31 Aug 2021 13:30
Last Modified: 31 Aug 2021 13:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item