OKTARINI, OKTARINI (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FIQIH DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN LAMPAM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
Abstract
Sebagian besar siswa beranggapan negatif terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi fiqih dengan alasan pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sulit dan materinya banyak, guru Pendidikan Agama Islam (PAI) masih menggunakan metode konvensional (metode ceramah), partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, siswa masih cenderug pasif, banyak siswa yang mengalami kesulitan secara individual dalam pembelajaran PAI, hasil belajar yang diperoleh siswa cukup rendah terutama dalam mata pelajaran Fiqih karena nilai yang diperoleh di bawah KKM, dan guru membagi kelompok masih bersifat homogen sehingga siswa yang mempunyai kemampuan sedang dan rendah kurang termotivasi. Untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan siswa lebih berpartisipasi dalam proses pembelajaran diperlukan penerapan suatu model pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah adalah model pembelajaran group investigation (GI), yang memberikan kemungkinan bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman siswa melalui berbagai kegiatan dan hasil yang diharapkan sesuai dengan perkembangan yang dilalui siswa. Kegiatan di kelas akan menghasilkan berbagai alternatif jawaban dan argumentasi yang berdasar pada pengalaman siswa Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan true experimental dengan posttest-only control designs. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam yang berjumlah 116 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 59 sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) rata-rata hasil belajar siswa pada materi fiqih yang menerapkan model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam sebesar 70,83 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 50; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada materi fiqih yang menerapkan model pembelajaran group investigation di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam sebesar 75,34 dengan nilai tertinggi 85 dan terendah 65; dan (3) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi fiqih di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau (5,45 > 1,67203).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 06:38 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 06:38 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9696 |
Actions (login required)
View Item |