ARYANI, MIRNA (2017) GAMBARAN SABAR PADA GURU YANG MENGAJAR ANAK RETARDASI MENTAL DI YAYASAN PEMBINAAN ANAK CACAT (YPAC) PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MIRNA ARYANI (12350114).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kesabaran merupakan kunci yang paling utama yang harus dimiliki guru dalam mendidik anak retardai mental. Hal ini dikarenakan anak retardasi mental memiliki gangguan perkembangan kognitif, sosial, tingkah laku, dan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang. Dari hasil penelitian bahwa gambaran sabar pada subjek RN danTN hanya sebatas pada keyakinan terhadap pemahaman arti sabar secara positif. Sedangkan pada penerapan terhadap prilaku sabar, hanya di miliki oleh subjek RD dan SR, dikarenakan subjek RD dan SR ini memiliki pemahaman terhadap kondisi anak retardasi mental, Sehingga subjek sangat menyakini bahwa sabarlah yang sangat dibutuhkan dalam mendidik anak retardasi mental, dengan begitu subjek selalu berusaha untuk menahan dan mengontrol emosinya dengan cara mengikhlaskan semua perlakuan anak, mengingat Allah, beristigfar, berdoa, sholat dan membaca Al-Qur’an. Agar terhindar dari hal-hal yang negatif, salah satunya terhindar dari perasaan untuk membalas perlakuan negatif anak tersebut. Terkait dengan pertanyaan kedua, peneliti juga menemukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kebertahanan guru dalam mengajar dan mendidik anak retardai mental yaitu: Adanya faktor ekonomi, faktor kenyamanan dan cinta terhadap pekerjaanya sehingga subjek masih tetap bertahan dan menyakini adanya takdir yang sudah digariskan Allah terhadap subjek, untuk menjadi guru di SLB sehingga subjek yakin bahwa pekerjaan ini nantinya bekal untuk di akhirat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sabar, Guru, Retardasi Mental |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 01:39 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 01:39 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/971 |
Actions (login required)
View Item |