PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA TOKO EMAS RAHMAT TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR

Anggraini, Dwi Septi (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA TOKO EMAS RAHMAT TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Dwi Septi Anggraini 13190065.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kepuasan pelanggan merupakan hal terpenting yang digunakan untuk menarik minat pelanggan di masa sekarang ini. Oleh karena itu kualitas pelayanan sangat dibutuhkan oleh Toko emas Rahmat Tanjung Batu. Karena kualitas pelayanan adalah salah satu syarat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Adapun kualitas pelayanan pada toko emas Rahmat yaitu Tangibles (bukti langsung), Reliability (keandala), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Empathy (empati). Maka, perlu adanya penelitian yang mengkaji bagaimana kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dalam perspektif ekonomi islam pada Toko emas Rahmat Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan di toko emas Rahmat Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Accidental Sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif responden, analisis statistik deskriptif variabel, analisis uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari perhitungan Fhitung (19,841) > Ftabel (2.31) dan thitung (6,498)X1 (3,5111)X2 (4,488) X3 (2,563) X4 (2,841) X5 > ttabel (1,988422). Berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy berpengaruh positif dan signifikan secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan di Toko emas Rahmat Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Kata kunci : Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:39
Last Modified: 10 Sep 2021 06:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9710

Actions (login required)

View Item View Item