EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]

SARI, DESI RATNA (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DESI RATNA SARI (12270024).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Efektivitas Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan masih banyak siswa yang mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran, kurangnya pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA, dan siswa kurang memperhatikan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Hal ini yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang? 2) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang? 3) Bagaimana Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses pada Mata Pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang? Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel X Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dan variabel Y hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test dalam setiap pertemuan, pre-test dilakukan sebelum Penerapam Pendekatan Keterampilan Proses tentang sifat wujud benda, sedangkan post-test dilakukan sesudah diterapkannya Pendekatan Keterampilan Proses tentang perubahan wujud benda. Teknik analisis data menggunakan rumus statistik tes “t” untuk dua sampel kecil (N kurang dari 30) yang saling berhubungan. Dari analisis yang diperoleh nilai tes hasil belajar siswa sesudah Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada post-test meningkat atau lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa sebelum Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada tes awal (pre-test). Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to=10,19) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2,04 dan ttts1% = 2,76) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar daripada tt yaitu 2,04<10,19>2,76. Karena to lebih besar daripada tt maka adanya perbedaan nilai tes hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses pada mata pelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud benda, merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang meyakinkan (signifikan). Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang materi sifat dan perubahan wujud benda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Keterampilan Proses, Hasil Belajar Siswa
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 12 Jul 2017 01:52
Last Modified: 12 Jul 2017 01:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item View Item