NANDA, LADY (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TESIS LADY NANDA PDF LENGKAP.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Lady Nanda, NIM 1702012145. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa MIN 1 Kota Palembang. Faktor –faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam membaca AlQur’an tentunya tidak luput dan dari faktor eksternal dan faktor internal, faktor eksternal adalah faktor yang datang dari luar diri anak diantaranya ialah perhatian orang tua. Sedangkan faktor internal yaitu faktor yang muncul dari dalam diri siswa itu sendiri diantaranya yaitu faktor minat belajar. Siswa yang memiliki minat dalam belajar mereka akan senantiasa merasa senang, melibatkan diri dalam pembelajaran, tertarik dengan pelajaan dan memperhatikan pelajaran. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an ,untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an dan untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh antara perhatian orang tua dan minat belajar AlQur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MIN 1 Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatory research, adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner (angket) dan tes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 1 Kota Palembang dari kelas 1 sampai kelas VI yang bejumlah 799 siswa. Dengan jumlah sampel 121 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dimana teknik purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel sumber data dengan memperhatikan pertimbangan tertentu, misalnya orang tersebut dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan. Hasil penelitian ini adalah, pertama, hasil perhitungan analisis yang menunjukkan bahwa perhatian orang tua memiliki nilai thitung sebesar 2,359 yang lebih besar dari pada nilai ttabel yakni sebesar 1,657. Dan ini menunjukkan bahwa perhatian orang tua memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Kedua, hasil perhitungan analisis yang menunjukkan bahwa minat belajar memiliki nilai thitung sebesar 1,939 yang lebih besar daripada nilai ttabel yakni sebesar 1,657. Ini menunjukkan bahwa minat belajar memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Oleh sebab itu, semakin besar minat belajar semakin meningkat pula kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa. Ketiga, Berdasarkan hasil data penelitian sebagaimana yang telah dijelaskan dalam analisis simultan, menunjukkan bahwa adanya pengaruh variabel perhatian orang tua (X1) variabel minat belajar ( X2) secara simultan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an (Y) adalah sebesar 0,001< 0,05 dan nilai fhitung 7.249> ftable 3,07 dengan besaran sumbangan simultan sebesar yakni 10,9%. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X1 dan Variabel X2 secara simultan terhadap Y. Maka dapat disimpulkan bahwa secara bersamasama/simultan variabel perhatian orang tua dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 06:42 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 06:42 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9746 |
Actions (login required)
View Item |