SAFITRIANI, LELI (2017) PENERAPAN METODE KISAH QURANI PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V11 DI SMP ADABIYAH PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
LELI SAFITRIANI (12210131).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran metode mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya mencapai tujuan, karena metode merupakan salah satu jalan yang ditempuh yang sesuai dan serasi untuk menyajikan suatu hal sehingga tercapai suatu tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan metode kisah qurani dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMP Adabiyah Palembang, Bagaimana motivasi belajar peserta didik sebelum diterapkan metode kisah qurani dan bagaimana motivasi belajar peserta didik setelah diterapkan metode kisah qurani. Apakah penerapan metode kisah qurani dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Adabiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan design penelitian One- Group Pretest-Posttest Design, yaitu dapat membandingkan dengan keadaan sebelum dan setelah diperlakukan. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Kemudian yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 122 orang, dimana terdiri dari 4 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.3 yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, Penerapan metode kisah qurani dari hasil wawancara peneliti dengan guru dan peserta didik, mengatakan bahwa penerapan metode kisah qurani sangat baik dan dianggap berdampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Analisi penerapan metode kisah qurani dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada thitung adalah jauh lebih besar dari pada “t” tabel, baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,06 < 8,97 > 2,79). Dilihat dari hasil motivasi belajar peserta didik setelah menerapkan metode kisah qurani meningkat, hal ini terlihat dari nilai rata-rata (mean) 62,65 meningkat menjadi 70,31. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkan bahwa penerapan metode kisah qurani pada mata pelajaran PAI dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Adabiyah Palembang. Hal ini terlihat dari partisipasi peserta didik yang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung dan hasil motivasi belajar peserta didik yang meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 04:00 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 04:00 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/978 |
Actions (login required)
View Item |