PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA PERCETAKAN RENDAH UNDANGAN DI DESA SUPAT KECAMATAN BABAT SUPAT KABUPATEN MUSI BANYUASIN

Hervaniza, Vina (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA PERCETAKAN RENDAH UNDANGAN DI DESA SUPAT KECAMATAN BABAT SUPAT KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Vina Hervaniza S.E (Skripsi).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada setiap usaha khususnya usaha Percetakan Undangan harus diperhatikan bagaimana kualitas pelayanan dan inovasi produk, karena hal ini berhubungan langsung dengan kepuasan konsumen. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan Jasa Percetakan Rendah Undangan di Desa Supat Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 85 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling, populasinya adalah seluruh konsumen pada Percetakan Rendah Undangan di Desa Supat Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data. Tahap-tahap pengujiannya adalah uji instrumen penelitian yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedasitas dan uji linearitas, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis yaitu uji f simultan, uji t parsial dan uji koefisien determinasi r2 . Data-data yang telah dikumpulkan dan memenuhi uji asumsi klasik kemudian diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y= 55,903 + 0,601X1 + 0,748X2 karena nilai koefisien seluruhnya positif, maka berarti kedua variabel independen kualitas pelayanan (X1) dan inovasi produk (X2) mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen (Y). Uji hipotesis menggunakan uji t, hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasan konsumen. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan dan inovasi produk memang layak untuk menguji variabel kepuasan konsumen. Angka R Square sebesar 0,571 menunjukkan bahwa 57,1% variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 42,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci: kualitas pelayanan, inovasi produk, kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Sep 2021 06:44
Last Modified: 10 Sep 2021 06:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9791

Actions (login required)

View Item View Item