Sari, Nurvita (2016) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK SONGKET DI KAMPOENG BNI DAERAH INDRALAYA KABUPATEN OGAN ILIR DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
bab 1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (723kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Dalam kenyataan Desa Muara Penimbung Kec. Indralaya Kab. Ogan Ilir mempunyai kemampuan menenun songket yang mereka geluti selama turun temurun karena itula Pemerintah setempat ikut serta dalam upaya memperkenalkan budaya Indonesia dengan produk songket lokal, guna untuk memajukan perekonomian daerah dengan cara mitra binaan dan memproduksi songket tersebut. Selain itu juga, promosi yang dilakukan oleh Kampoeng BNI. Strategi pemasaran yang baik dan tepat yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya menghadapi tantangan atas kejituan perusahaan itu merumuskan maksud dan tujuan bisnisnya, yaitu untuk menciptakan dan memelihara pelanggannya serta bisa menghadapi persaingan pasar. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian skripsi usaha kerajinan songket dengan Judul “Analisis Strategi Pemasaran Produk Songket Di Kampoeng BNI Daerah Indralaya Kab. Ogan Ilir Dalam Menghadapi Persaingan Pasar”. Metode yang digunakan yaitu dengan cara melakukan observasi dan wawancara langsung dengan Ketua Pengrajin Songket dan salah satu anggota pengrajin songket Kampoeng BNI. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, dengan menggunakan teknik datanya yaitu penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif. Dimana dari hasil data didapat diolah dengan cara mencatat dan mengklarifikasi sifat dan objek yang diteliti serta menganalisis langsung terhadap permasalahan yang ada. Sehingga didapat hasil bahwa strategi pemasaran produk songket di Kampoeng BNI Daerah Indralaya Kab. Ogan Ilir telah menerapkan Strategi pemasaran. Strategi pemasaran yang digunakan yaitu menggunakan teori 4P yaitu produk (product), harga (price), tempat/distribusi (place), promosi (promotion). Tapi kenyataannya Kampoeng BNI masih mengalami hambatan-hambatan yang tak terduga, yakni adanya pesaing-pesaing luar yang curang, SDM (tenaga kerja) yang tidak Jujur, promosi yang terbatas, tempat yang tidak memadai, dll. Hasil dari skripsi bahwa strategi pemasarannya sudah berjalan dengan baik sesuai dengan marketing syariah yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 01:44 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 01:44 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9955 |
Actions (login required)
View Item |