UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MELAKUKAN GERAKAN SALAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II.B DI SD NEGERI 125 PALEMBANG

NURLAILI, NURLAILI (2017) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MELAKUKAN GERAKAN SALAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS II.B DI SD NEGERI 125 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (28kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Penting bagi para pendidik untuk memahami karakteristik materi, peserta didik, dan metodelogi pembelajaran dalam proses pembelajaran terutama berkaitan dengan pemilihan metode-metode pembelajaran modern. Salah satu metode pembelajaran yang dikembangkan dengan tujuan agar pembelajaran berjalan dengan produktif dan bermakna adalah metode Picture and Picture. Metode Picture and Picture merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi perangkat utama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan siswa masih banyak yang mendapat nilai di bawah KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu 65. Selama proses pembelajaran yang berlangsung di kelas, siswa kurang bersemangat dalam mempraktikkan gerakan salat dengan benar dan siswa juga menjadi kurang aktif, kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan materi tentang gerakan salat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah metode Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan siswa melakukan gerakan salat pada siswa kelas II.B di SD Negeri 125 Palembang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai keterampilan melakukan gerakan salat. Tes dilakukan setiap kali pertemuan dan diambil 1 kali tes akhir. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang berupa hasil keterampilaan gerakan salat yang diperoleh berdasarkan hasil tes praktik gerakan salat yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, dengan menggunakan metode Picture and Picture. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat diketahui bahwa penerapan metode Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan gerakan salat siswa, hasil persentase ketuntasan keterampilan gerakan salat siswa pada prasiklus adalah 45,5%, pada siklus I hasil persentase ketuntasan keterampilan gerakan salat siswa adalah 72,7% dan meningkat pada siklus II dengan persentase 96,97%. Begitu juga aktivitas siswa dalam pembelajaran gerakan salat dengan menerapkan metode Picture and Picture mengalami peningkatan. Persentase pada prasiklus adalah 59,8% dengan kriteria cukup, pada siklus I meningkat menjadi 74,2% dengan kriteria baik, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,7% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BL ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:09
Last Modified: 13 Sep 2021 06:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/10318

Actions (login required)

View Item View Item