IMPLEMENTASI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SISWA KELAS I PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH PALEMBANG

JAMIYANTI, RAHAYU (2016) IMPLEMENTASI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SISWA KELAS I PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia yang ada di Madrasah Ibtidaiyah sangat menarik sekali jika disampaikan dengan metode pembelajaran yang inovatif. Salah satu metode yang inovatif tersebut adalah metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) metode pembelajaran yang dilakukan dengan mengajak siswa menguraikan satu kalimat menjadi uraian kata, suku kata, dan huruf, lalu menggabungkan kembali uraian kata, suku kata, dan huruf menjadi sebuah kalimat yang utuh dan guru harus pandai membuat kartu-kartu kata, suku kata, dan kalimat yang menarik agar siswa menjadi tertarik dengan belajar Bahasa Indonesia. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di MI Tarbiyah Islamiyah Palembang, 2) Bagaimana keterampilan menulis kalimat sebelum dan sesudah diterapkan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Tarbiyah Islamiyah Palembang, dan 3) Bagaimana Pengaruh Implementasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat siswa Kelas I di MI Tarbiyah Islamiyah Palembang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penggunaan pre�ekperimental designs bentuk one-group pretest-postest design sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas IB sebanyak 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, implementasi pembelajaran metode SAS yang dilaksanakan praktek langsung selama 6x pertemuan dengan materi menulis kalimat berhasil diterapkan sesuai dengan langkah-angkah metode SAS yang dapat dilihat melalui observasi guru kelas ketika peneliti melakukan penelitian. Kedua, keterampilan menulis kalimat sebelum dan sesudah penerapan metode SAS mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari presentase keterampilan menulis kalimat siswa pada saat pretest yaitu yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 7 orang siswa (25%), nilai sedang 15 orang siswa (54%), dan nilai rendah 6 orang siswa (21%) sedangkan pada posttest yang tergolong kategori nilai tinggi sebanyak 9 orang siswa (32%), nilai sedang 17 orang siswa (61%), dan nilai rendah 2 orang siswa (7%). Ketiga, Uji hipotesa dengan menggunakan rumus uji “t” didapatkan kesimpulan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan (t0= 8,26) dan besarnya t yang tercantum pada tabel tt.ts.5%= 2,05 dan tt.ts.1%= 2,77 maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar daripada tt ; yaitu 2,05<8,26>2,77. Dengan demikian dari uji hipotesa penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Implmentasi metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat siswa kelas I pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Tarbiyah Islamiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? BP ??
?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:48
Last Modified: 20 Sep 2021 06:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item