PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi kasus : Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim)

Alfarabi, Thoriq (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi kasus : Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Semende Darat Ulu Kabupaten Muara Enim). Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa Pendidikan di Indoneasia kini jauh dari nilai-nilai yang menjunjung tinggi kebebasan, perbedaan dan toleransi. Indonesia menghadapi era global saat ini tanpa benar-benar mencanangkan nilai-nilai yang dianggap penting dalam menyatukan kesatuan sosial. Pemerintah juga cenderung hanya merancang UU untuk pendidikan multikultural tanpa benar-benar merealisasikannya disemua jenjang pendidikan. Banyak fakta pada dunia Pendidikan bahwa menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan multikultural belum banyak ditemui. Sekolah Menengah Pertama, merupakan sekolah yang masih menjadi favorit masyarakat, karena sekolah yang berbasis Negeri masih berada dalam lingkungan masyarakat, di sekolah negeri ini prestasi akademik, non akademik diharuskan kepada siswa, sekolah negeri ini juga sekolah yang langsung di bawah naungan pemerintah, di dalamnya terdapat keberagaman dan sangat heterogen. Selama ini sekolah-sekolah tersebut aman-aman saja tidak ada problem etnis, proses belajar mengajarpun berjalan lancar, serta tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam penanaman nilai-nilai multikultural melalui pembelajran pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat diskriftip kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melihat langsung kegiatan-kegiatan pembelajaran atau kegiatan yang mendukung pembelajaran dan dikaitkan dengan penerapan nilai-nilai multikultural dalam penerapannya. Kemudian dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi serta pengumpulan data dari berbagai sumber yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Nilai-nilai multikultural sangat berperan penting dalam dunia pendidikan karena nilai-nilai multikultural disini berdiri sebagai suatu acuan atau dasar dalam berlangsungnya proses pendidikan. Kedua, kegiatan sekolah di lingkungan pendidikan SMP N 3 Semende Darat Ulu yang mengandung nilai-nilai multikultural cenderung stabil, penghargaan terhadap perbedaan sudah dapat ditunjukkan serta direalisasikan. Penghargaan perbedaan telah terbukti dapat diatasi, walaupun secara teori belum dapat sepenuhnya terpahami oleh warga sekolah. Kemudian lingkungan sekolah yang heterogen justru sangat mendukung dalam penghargaan perbedaan dan hak asasi manusia. Memberikan sumbangsih pemikiran kepada guru Pendidikan Agama Islam untuk terus mengembangkan serta meningkatkan kompetensinya dalam penanaman nilai-nilai multikultural melalui pembelajaran pendidikan agama Islam, disinilah timbul konsep dan strategi guru dalam hal pencapaian hasil belajar yang efektif dan efisien. Sebagai bahan informasi bagi Kementrian Agama agar dapat lebih memperhatikan penanaman nilai-nilai multikultural melalui pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:03
Last Modified: 20 Sep 2021 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11274

Actions (login required)

View Item View Item